Kamis 22 Jun 2023 07:19 WIB

Di Keraton Yogyakarta, Kaisar Jepang Disuguhi Setup Jambu Hingga Es Teler Cake

Keraton memamerkan manuskrip Serat Baratayuda yang dibuat masa Sri Sultan HB VII-VIII

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Agus raharjo
 Kedatangan Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito, yang disambut Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta, Rabu (21/6/2023) malam.
Foto: Dokumen
Kedatangan Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito, yang disambut Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta, Rabu (21/6/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito disuguhi dengan berbagai makanan tradisional saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Rabu (21/6/2023). Seperti setup jambu, sop ayam galantin, sate ayam jeruk nipis, udang bakar madu, dan es teler cake.

Kedatangan Naruhito tersebut disambut Raja Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Hemas, dan keluarganya. Kedatangan Kaisar Jepang tersebut di Keraton Yogyakarta pukul 18.00 WIB hingga 19.50 WIB.

Baca Juga

Kaisar Naruhito bersantap malam di Bangsal Manis Keraton Yogyakarta bersama dengan Sultan didampingi GKR Hemas dan keluarga. Sebelum menyantap hidangan, pihak Keraton Yogyakarta juga memamerkan manuskrip bertajuk Serat Baratayuda yang dibuat pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono VII-VIII.

Serat ini bercerita tentang perang saudara Pandawa dan Kurawa, karena Kasultanan Yogyakarta bersendikan Islam, maka Pandawa melambangkan prinsip keislaman (Rukun Islam), Kurawa melambangkan 100 dosa yang harus dilawan manusia. Dijelaskan, pada akhir peperangan Pandawa menang meski banyak korban jiwa.