Rabu 05 Jul 2023 06:35 WIB

Darwis Triadi Jadi Juri Lomba Fotografi 'All About Papua' Jelang Papua Street Carnival

Dia ingin agar pemerintah bisa terus mendukung aktivitas fotografi di Papua.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Juri lomba fotografi 'all about papua' Darwis Triadi di Gedung Sapta Pesona di Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta pada Senin (3/7/2023).
Foto: Dok. Web
Juri lomba fotografi 'all about papua' Darwis Triadi di Gedung Sapta Pesona di Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta pada Senin (3/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Papua Youth Creative Hub (PYCH) menggelar lomba fotografi dengan tema 'All about Papua' untuk menyambut acara Papua Street Carnival di Jayapura, Papua. Penjurian lomba ini dilakukan oleh fotografer senior tanah air, Darwis Triadi di Gedung Sapta Pesona di Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta pada Senin (3/7/2023). 

Dari ratusan foto yang ada, Darwis menyebut mayoritas foto yang dikirim peserta sudah cukup bagus. Banyak foto yang dikirimkan, disebut Darwis menunjukkan bahwa peserta tersebut telah mahir dalam dunia fotografi. 

Baca Juga

Dia menjelaskan untuk menentukan pemenang lomba tersebut, banyak poin penilaiannya. Mulai dari komposisi, estetika foto, kesesuaian tema, dan harus sesuai dengan aturan pengambilan gambar fotografi. 

"Yang terpenting adalah saat kita mengambil gambar itu bagaimana kita bisa melihat secara detail dan merasakan bahwa visual yang kita capture itu benar-benar punya nilai yang bisa saat orang lain melihat 'ih keren'," ujar Darwis, Selasa (4/7/2023). 

Pria yang juga memiliki kelas fotografi ini, menyatakan bahwa lewat fotografi, indra mata dituntut bukan hanya untuk melihat, namun juga bisa merasakan objek foto. Adapun periode pengiriman foto yang perlombakan ini telah dimulai dari tanggal 20 hingga 30 Juni lalu. Foto yang dilombakan adalah hasil karya para peserta, yang pernah diambil di tanah Papua. 

Darwis pun mengapresiasi diinisiasinya perlombaan fotografi dari PYCH ini. Dia mengatakan, perlombaan ini menjadi momen yang baik untuk menunjukkan mutlaknya kebutuhan fotografi saat ini. 

Lewat perlombaan ini pula, David berharap bisa memotivasi anak-anak muda Papua untuk bisa aktif dalam dunia fotografi guna membagikan momen dan berbagai aktivitas menarik di Papua terhadap masyarakat luar. 

"Rasanya ini sangat baik agar supaya kawan-kawan di Papua itu makin hari makin punya semangat untuk bisa mengcapture atau mengabadikan hal-hal yang baik dan bisa dilihat dari luar. Bukan hanya secara nasional tapi juga internasional," katanya. 

Lebih lanjut, dia ingin agar pemerintah bisa terus mendukung aktivitas fotografi di Papua. Dia juga mendorong agar pihak Kemenparekraf bisa mendakan lomba serupa setiap tahunnya di Papua. 

"Saya rasa ini harus terus dipupuk buat kawan-kawan dengan semangat yang tinggi, dan saya harapkan juga dari pihak pariwisata (Kemenparekraf) melakukan ini setiap tahun. Jadi mereka bisa punya semangat agar setiap tahun itu melakukan kegiatan fotografi," sebut Darwis. 

Selain itu, fotografer segudang prestasi ini juga mengapresiasi berdirinya Papua Youth Creative Hub yang merupakan wadah kreasi anak muda Papua binaan Badan Intelijen Negera (BIN). 

Darwis menyatakan, dengan wadah yang baik, anak-anak muda Papua bisa bebas berkreasi, dan berpotensi menciptakan sesuatu yang berguna untuk tanah Papua sekaligus bangsa Indonesia. 

"Ini sangat baik buat generasi muda Papua, supaya bahwa ini adalah satu kondisi dimana kita terus berkreasi dan pada akhirnya kawan-kawan adik Papua ini mereka melakukan hal ini untuk sesuatu yang baik untuk Papua dan Indonesia juga tentunya," ucapnya. 

Untuk diketahui, perlombaan ini adalah kegiatan pra-event Papua Street Carnival yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.  

Papua Street Carnival akan melibatkan ribua pelaku ekonomi kreatif, ribuan pengisi acara, ratusan parade busana, ratusan pameran UMKM kreatif, ratusan perahu hias hingga carnaval yang akan menampilkan beragam karya dan warisan budaya Papua yang kaya, indah dan unik.

Acara Papua Street Carnival ini diharapkan akan membuka peluang investasi di bidang ekonomi kreatif, memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta menjadi ajang promosi yang efektif untuk sektor pariwisata Papua kepada dunia.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyebutkan bahwa Papua Street Carnival, seperti ajang pariwisata tingkat dunia, bukan saja nasional.

"Oleh karena itu baik satuan kerja perangkat daerah (SKPD) maupun seluruh masyarakat di Papua mendukung penuh pelaksanaan ajang ini dan diharapkan agar berjalan dengan baik," kata Pelaksana Harian Gubernur Papua Ridwan Rumasukun, di Jayapura.

Menurut Rumasukun, pihaknya berpendapat Papua Street Carnival akan berlangsung sangat meriah dari pada Street Carnival Brazil di Rio de Janeiro sebab dilaksanakan dekat dengan laut.

"Untuk mendukung kegiatan ini kami menyiapkan gedung Kantor Gubernur Papua dan halaman untuk digunakan saat festival tersebut berlangsung," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement