Ahad 09 Jul 2023 23:59 WIB

Disbudpar Kota Tangerang Dorong Kampung Tematik Berbasis Wisata

Disbudpar memberikan pembinaan SDM untuk pengembangan kampung tematik.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kampung tematik.
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
(ILUSTRASI) Kampung tematik.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Banten, berupaya mengembangkan daya tarik wisata di daerahnya. Salah satunya kampung tematik.

Untuk itu, Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rizal Ridolloh mengatakan, dinasnya menggulirkan program pembinaan sumber daya manusia (SDM) terhadap kelompok masyarakat agar dapat mengembangkan potensi kampung tematik di wilayahnya masing-masing.

Menurut Rizal, kampung tematik yang kini jumlahnya puluhan di Kota Tangerang dapat mendaftarkan diri untuk memanfaatkan program tersebut. Dengan program pembinaan ini, kata dia, diharapkan kampung tematik dapat naik kelas, menjadi berbasis wisata.

“Kampung tematik selama ini telah menjadi entitas unggul yang dimiliki Kota Tangerang. Semua juga tahu, kampung tematik selama ini juga mempunyai potensi wisata yang berdaya tarik tinggi. Jadi, Disbudpar Kota Tangerang lewat program ini akan memberikan intervensi berupa pembinaan bagi para pengelola di lapangan, agar kampung tematik tersebut dapat berkembang menjadi wisata yang dapat dibanggakan Kota Tangerang,” ujar Rizal, Sabtu (8/7/2023).

Menurut Rizal, Disbudpar Kota Tangerang sedang melakukan proses sosialisasi, serta menginventarisasi kampung-kampung tematik yang belum pernah terlibat dalam program tersebut. Diharapkan nantinya kampung tematik yang mempunyai potensi wisata dapat dikembangkan, sehingga menjadi daya tarik pariwisata Kota Tangerang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement