Senin 10 Jul 2023 07:47 WIB

Tepat 5 Tahun Lalu, Juventus Datangkan Ronaldo yang Jadi Awal dari Akhir Era Agnelli

Gaji Ronaldo yang tinggi sangat memengaruhi keuangan Juventus.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo saat masih membela klub Italia, Juventus.
Foto: Marco Alpozzi/LaPresse via AP
Cristiano Ronaldo saat masih membela klub Italia, Juventus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cristiano Ronaldo bergabung dengan Juventus dari Real Madrid lima tahun yang lalu pada 9 Juli 2018. La Gazzetta dello Sport menyoroti bahwa transfer Ronaldo ke Turin merupakan 'awal dari akhir' bagi mantan Presiden Juve, Andrea Agnelli.

Klub raksasa Serie A Liga Italia itu menyelesaikan penandatanganan superstar asal Portugal dengan nilai lebih dari 100 juta euro atau sekira Rp 1,6 triliun dalam upaya untuk memenangkan Liga Champions setelah meraih tujuh gelar Serie A secara beruntun.

Baca Juga

Ronaldo menandatangani kontrak senilai 30 juta euro atau sekira Rp 498 miliar per tahun dan Juventus akhirnya membayar mahal untuk keputusan ini.

Seperti yang disoroti oleh La Gazzetta dello Sport edisi cetak hari Ahad (9/7/2023) (halaman 9), dikutip Football Italia, Senin (10/7/2023), penandatanganan Cristiano Ronaldo adalah 'awal dari akhir' bagi Agnelli.

Juventus memenangkan lebih banyak trofi, termasuk dua gelar Serie A. Ronaldo mencetak 101 gol dalam 134 pertandingan. Namun, hasil terbaik di Liga Champions selama tiga tahun masa kehadiran CR7, julukan Ronaldo, adalah tersingkir di babak perempat final oleh Ajax pada 2018/2019.

Gaji Ronaldo yang tinggi sangat memengaruhi keuangan Juventus dan pandemi Covid-19 pada tahun 2020 telah menyebabkan masalah finansial lainnya di klub asal Turin itu.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement