Senin 24 Jul 2023 20:56 WIB

Vitiligo, Kondisi yang Dialami Figur Publik Salma Kyana

Vitiligo dapat dimulai pada usia berapa pun.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Figur publik dr Salma Kyana Nareswari mengidap vitiligo.
Foto: Dok Salma Suka Kyana Nareswari/Instagram
Figur publik dr Salma Kyana Nareswari mengidap vitiligo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Figur publik Salma Kyana Nareswari kerap membagikan informasi seputar kondisi vitiligo yang dia idap sejak 2018. Lewat berbagai unggahannya, Salma mengajak pengikutnya di media sosial untuk lebih mengenal kondisi tersebut.

Selain itu, Salma selalu menyuarakan tentang pentingnya mencintai diri, apa pun kondisi fisik yang dialami. Dokter yang juga merupakan Puteri Indonesia DKI Jakarta Favorit 2023 itu mengidap vitiligo sejak Desember 2018.

Baca Juga

Menurut Salma, pemicunya adalah konsumsi suplemen kesehatan yang dibeli  sebuah jaringan multi level marketing (MLM). Apa sebenarnya yang dimaksud dengan vitiligo?

Vitiligo merupakan penyakit yang menyebabkan warna kulit memudar. Akibatnya, terbentuk area kulit yang lebih putih dibandingkan sekitarnya, yang terlihat seperti bercak-bercak.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, Senin (24/7/2023), area kulit yang berubah warna biasanya semakin besar seiring waktu. Kondisi itu dapat memengaruhi kulit di bagian tubuh mana pun. Bahkan, bisa juga memengaruhi area rambut dan bagian dalam mulut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Salma Suka Kyana Nareswari (@salmakyn)

Biasanya, warna rambut dan kulit ditentukan oleh melanin. Vitiligo terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin mati atau berhenti berfungsi. Kondisi ini bisa diidap orang dari semua jenis kulit, tetapi mungkin lebih terlihat pada orang dengan warna kulit yang lebih gelap.

Perlu diketahui bahwa vitiligo sebenarnya tidak mengancam jiwa atau menular, namun mengidapnya bisa membuat seseorang stres atau memicu perasaan buruk tentang diri sendiri, yang sangat perlu untuk diatasi. Perawatan untuk vitiligo dapat mengembalikan warna pada kulit yang terkena. Akan tetapi, tidak mencegah hilangnya warna kulit atau kekambuhan.

Tanda-tanda vitiligo meliputi hilangnya warna kulit secara tidak merata, biasanya muncul pertama kali di tangan, wajah, dan area di sekitar bukaan tubuh dan alat kelamin. Gejala lain yaitu pemutihan dini atau kemunculan uban pada rambut di kulit kepala, bulu mata, alis, atau janggut.

Bisa juga berupa hilangnya warna pada jaringan yang melapisi bagian dalam mulut dan hidung (selaput lendir). Vitiligo dapat dimulai pada usia berapa pun, tetapi biasanya muncul sebelum usia 30 tahun. Dampaknya pada tubuh dapat bergantung pada jenis vitiligo yang diidap.

Jenis vitiligo universal mencakup perubahan warna yang terlihat di hampir semua permukaan kulit. Ada juga vitiligo umum, di mana bercak yang berubah warna sering berkembang dengan cara yang sama pada bagian tubuh yang simetris satu sama lain.

Untuk vitiligo segmental, bercak biasanya hanya ada di aatu sisi atau bagian tubuh. Jenis ini cenderung terjadi pada usia yang lebih muda, berkembang selama satu atau dua tahun, lalu berhenti.

Ada juga vitiligo lokal (fokal) yang mendampak beberapa area tubuh saja. Sementara, vitiligo acrofacial mengimbas kulit wajah dan tangan, serta di sekitar bukaan tubuh, seperti mata, hidung, dan telinga.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاۤءَ فَبَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ اَنْ يَّنْكِحْنَ اَزْوَاجَهُنَّ اِذَا تَرَاضَوْا بَيْنَهُمْ بِالْمَعْرُوْفِ ۗ ذٰلِكَ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَانَ مِنْكُمْ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ۗ ذٰلِكُمْ اَزْكٰى لَكُمْ وَاَطْهَرُ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ
Dan apabila kamu menceraikan istri-istri (kamu), lalu sampai idahnya, maka jangan kamu halangi mereka menikah (lagi) dengan calon suaminya, apabila telah terjalin kecocokan di antara mereka dengan cara yang baik. Itulah yang dinasihatkan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Itu lebih suci bagimu dan lebih bersih. Dan Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.

(QS. Al-Baqarah ayat 232)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement