Ahad 13 Aug 2023 09:18 WIB

Bamsoet: Capres Golkar Diputuskan Airlangga

Waketum Bambang Soesayo sebut capres yang diusung Golkar sudah diputuskan Airlangga.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Waketum Bambang Soesayo sebut capres yang diusung Golkar sudah diputuskan Airlangga.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Waketum Bambang Soesayo sebut capres yang diusung Golkar sudah diputuskan Airlangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo atau Bamsoet, mengatakan partainya menyerahkan mandat ihwal pemilihan presiden (Pilpres) 2024 kepada Airlangga Hartarto. Adapun saat ini, ia mengungkapkan, partai berlambang pohon beringin itu belum menentukan arah politiknya.

"Kita belum memutuskan akan mengarah ke mana. Kesepakatan kita, menyerahkan kepada Ketua Umum untuk memutuskan," ujar Bamsoet di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jakarta.

Baca Juga

Ia juga belum mendengar kabar yang menyebut bahwa Partai Golkar akan menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Sebab sekali lagi, hal tersebut merupakan domain Airlangga untuk memutuskan dan mengumumkannya.

"Keputusannya kita serahkan kepada Pak Ketua Umum Partai Golkar," ujar Bamsoet.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra yang juga adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo mengungkapkan, elite Partai Golkar telah menemui Prabowo pada pekan lalu. Mereka adalah Airlangga Hartarto, Lodewijk F Paulus, dan Dito Ganinduto.

Ia sendiri hadir langsung dalam pertemuan tersebut. Namun, Hashim tak masuk dalam ruangan pertemuan antara Prabowo dan elite Partai Golkar tersebut.

"Saya jabat tangan waktu keluar dan sinyal dan semua senyum-senyum. Pak Prabowo, Pak Muzani, senyum-senyum, Pak Airlangga, Pak Lodewijk, dan pak Dito juga senyum," ujar Hashim dalam acara pembekalan dan konsolidasi relawan Prabowo yang digelar secara daring, Kamis (10/8/2023).

"Ternyata mereka menyatakan mau dukung Pak Prabowo," sambungnya.

Dukungan Partai Golkar ke Prabowo juga sudah mengantongi restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Klaimnya, Partai Amanat Nasional (PAN) akan menyusul menyatakan dukungannya ke Prabowo.

"Itu saya bisa katakan. So, itu yang empat partai yang ada di parlemen," ujar Hashim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement