Ahad 13 Aug 2023 09:19 WIB

Ini Jenis Miras Berdasarkan Kadar Alkoholnya, Apa Beda Nabeez dan Nabidz yang Beralkohol?

Nabidz dengan alkohol berbeda dengan nabeez minuman kesukaan Rasulullah.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Friska Yolandha
Wine merek Nabidz mengeklaim produknya halal lewat fasilitas Self Declare.
Foto:

Karena air nabeez tinggi akan kadar fiber, ia mampu membantu proses pencernaan yang baik dan meningkatkan atau menajamkan pikiran agar tidak mudah lupa.

Cara membuat air nabeez yang tepat yakni, rendamlah beberapa butir kurma (sebaiknya atau sunnahnya dalam bilangan ganjil) kedalam air masak didalam segelas air. Alangkah baiknya dibuat pada waktu sore menjelang malam dan pastikan gelas rendaman kurma tersebut tertutup rapat.

Keesokan paginya (kurang lebih 8-12 jam setelah perendaman), air rendaman baru boleh diminum dan buah kurma hasil rendaman yang telah lembut boleh ikut dimakan. Hanya menggunakan salah satu daripada kedua buah tadi (kurma ataukismis) pada satu waktu. 

Tidak boleh mencampurkan antara kurma dan kismis dalam membuat air nabeez. Maksudnya tidak boleh mencampurkan kedua buah tersebut dalam satu wadah.

Air nabeez bila tersimpan didalam lemari es bisa bertahan 1-2 hari. Tetapi dilarang meminum air rendaman kurma atau kismis yang sudah memasuki lebih dari tiga hari.

Ini disebabkan air rendaman kurma atau kismis yang dibiarkan melebihi tiga hari terjadi proses fermentasi yang menjadikan air rendaman tersebut menjadi arak atau khamr dan hukumnya haram untuk diminum. Oleh karena itu, lebih baik membuat air nabeez setiap hari. 

 

Sedangkan Nabidz atau Nabeez bukanlah berupa perasaan buah terutama anggur. Kasus produk Nabidz yang ramai beberapa pekan lalu bukanlah kategori nabidz yang terdefinisi sebagai rendaman kurma/kismis. Tapi produk ini adalah perasan jus anggur yang difermentasi dengan bermerek Nabidz. Dan kini sertifikat halal-nya telah diblokir oleh BPJPH.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement