Senin 14 Aug 2023 16:43 WIB

PN Jaksel Segera Kirimkan Putusan Kasasi Ferdy Sambo Cs untuk Dilakukan Eksekusi

MA mengubah hukuman mati dua peradilan sebelumnya menjadi hukuman seumur hidup.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Terdakwa Ferdy Sambo  saat menjalani sidang vonis kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (13/2/2023). Majelis Hakim menjatuhkan vonis terhadap terdakwa Ferdy Sambo dengan hukuman mati.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Terdakwa Ferdy Sambo saat menjalani sidang vonis kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (13/2/2023). Majelis Hakim menjatuhkan vonis terhadap terdakwa Ferdy Sambo dengan hukuman mati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan segera mengirimkan salinan putusan kasasi terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, dan Kuat Maruf ke jaksa penuntut umum (JPU) agar segera dilakukan eksekusi. Pejabat Humas PN Jaksel Djuyamto mengatakan, pengadilan tingkat pertama itu sudah menerima salinan putusan kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat (J) dari Mahkamah Agung (MA), Senin (14/8/2023).

Djuyamto mengatakan, setelah menerima salinan kasasi tersebut, PN Jaksel juga akan mengirimkannya ke pihak para terdakwa. “Petikan putusan kasasi atas nama terdakwa Ferdy Sambo, Ptri Candrawathi, Kuat Maruf dan Ricky Rizal, telah resmi diterima oleh kepaniteraan pidana PN Jaksel hari ini (14/8/2023),” kata Djuyamto lewat pesan singkatnya, Senin (14/8/2023).

Baca Juga

“Selanjutnya petikan putusan tersebut akan disampaikan ke pihak jaksa penuntut umum, dan pihak terdakwa agar segera dilakukan eksekusi terhadap putusan tersebut,” tutur Djuyamto menambahkan.

Pada Selasa (8/8/2023), MA memutuskan kasasi ajuan dari terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal, dan Kuat Maruf. Empat terdakwa tersebut, adalah pelaku pembunuhan berencana terhadap Brigadir J pada 2022 lalu.

Dalam putusan kasasi tersebut, MA mengubah hukuman mati yang sudah dijatuhkan oleh dua peradilan sebelumnya terhadap Ferdy Sambo, menjadi seumur hidup. Majelis  kasasi agung, juga memutuskan untuk mengurangi hukuman terdakwa Putri Candrawathi dari 20, menjadi 10 tahun penjara.

Terhadap terdakwa Ricky Rizal, MA mengurangi hukuman yang dijatuhkan dua peradilan sebelumnya, 13 menjadi 10 tahun. Begitu juga terhadap terdakwa Kuat Maruf, yang dipidana semula 15 tahun, dalam kasasi, MA menguranginya menjadi 10 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement