Jumat 18 Aug 2023 00:04 WIB

Semarakkan HUT ke-78 RI, Pos Lintas Batas Negara Yetetkun Gelar Upacara Kemerdekaan

HUT RI ke-78 menguatkan rasa cinta tanah air dan kemerdekaan di perbatasan.

Red: Erdy Nasrul
Plh. Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI Robert Simbolon pimpin upacara kemerdekaan di daerah perbatasan RI.
Foto: dok web
Plh. Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI Robert Simbolon pimpin upacara kemerdekaan di daerah perbatasan RI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- HUT RI ke-78 tak hanya meriah di perkotaan. Perayaan yang sama juga disemarakkan warga Indonesia yang berada di perbatasan. Contohnya di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Yetetkun, Kab. Boven Digoel, Provinsi Papua. Warga di sana bersama unsur TNI, Polri, dan lainnya, mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih pada Kamis (17/8/2023).

Upacara ini diikuti Plh. Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI Robert Simbolon. Dalam kesempatan itu, Robert didapuk sebagai inspektur upacara. Dalam amanatnya, Robert menyampaikan sambutan tertulis dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, selaku Kepala BNPP. 

Baca Juga

"Yakni tentang perlunya penguatan perputaran roda ekonomi di kawasan perbatasan, peningkatan peran serta warga perbatasan dalam kegiatan-kegiatan yang produktif yang dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," ujar Robert. 

Selain itu, lanjut dia, perlunya senantiasa memupuk rasa kebanggaan bahwa setiap warga negara Indonesia mampu berdiri sama tinggi. 

"Bahkan lebih maju dari warga negara tetangga dan jaga persatuan dan kesatuan, kedaulatan negara, serta kelestarian lingkungan, saling sinergis antara masyarakat dengan seluruh aparatur pemerintahan yang ditugaskan di perbatasan," jelas Robert menyampaikan sambutan Mendagri. 

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Boven Digoel, Ketua DPRD Boven Digoel, Asisten Administrasi Umum Kabupaten Boven Digoel dan perwakilan dari BAPANAS. 

Di samping itu, upacara turut diikuti oleh berbagai elemen baik dari tokoh masyarakat, pelajar, guru, jajaran TNI-Polri, Imigrasi Wilker Merauke, Karantina Wilker Merauke, Kepala Kampung dan Masyarakat di Distrik Ninatie.

Usai upacara, dilakukan penyerahan bantuan pangan kepada warga Distrik Ninatie. "Dan dilanjutkan dengan peninjauan stand Gerakan Pangan Murah/Pasar Murah hasil kerja sama BNPP-RI, BAPANAS dan Pemkab Boven Digoel," tandas Robert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement