Senin 21 Aug 2023 13:15 WIB

Begini Jurus Hadapi Potensi Gempa Megathrust

Masyarakat diimbau tidak panik mengenai potensi gempa megathrust.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Terlepas dari ada tidaknya potensi bencana, masyarakat perlu memiliki pengetahuan tanggap bencana dan bisa melakukan mitigasi. (ilustrasi)
Terlepas dari ada tidaknya potensi bencana, masyarakat perlu memiliki pengetahuan tanggap bencana dan bisa melakukan mitigasi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — BMKG DIY mengimbau agar masyarakat tidak panik mengenai potensi gempa megathrust. Ditegaskan bahwa itu hanya potensi, bukan prediksi 

Terlepas dari ada tidaknya potensi bencana, masyarakat perlu memiliki pengetahuan tanggap bencana dan bisa melakukan mitigasi. Dikutip dari laman BPBD DIY, Senin (21/8/2023), BPBD DIY juga bekerjasama melakukan pelatihan tanggap bencana di DIY untuk para relawan penanggulangan bencana, termasuk pada Juni lalu.

Baca Juga

Tahapan mewujudkan katana (keluarga Tangguh bencana) antara lain penilaian risiko bencana keluarga, mengenal rumah aman bencana, sistem peringatan dini keluarga dan rencana siaga bencana yaitu evakuasi mandiri keluarga dan tas siaga. Dalam mewujudkan keluarga Tangguh bencana setiap anggota keluarga perlu mengetahui risiko bencana yang berpotensi terjadi di lingkungannya yaitu rumah dan Kawasan sekitarnya.

Yuni Dwi Trisnowati, Staf Data dan Inforamsi BMKG Stasiun Geofisika Sleman mengatakan gempa dapat terjadi di mana pun dan kapan saja, tanpa mengenal musim. Gempa sering terjadi di tempat-tempat tertentu saja, di sekitar batas lempeng dan banyak di dapat sesar aktif di sekitar batas lempeng.