Ahad 27 Aug 2023 07:42 WIB

Tiga Partai Koalisi Perubahan Sepakat, Cawapres Anies Segera Diumumkan

Menurut Sudirman Said, tak lagi ada hambatan terkait pendamping Anies.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
 Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan bersama Tim 8 di kediaman Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bacapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan bersama Tim 8 di kediaman Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Tim Delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Sudirman Said mengatakan, Anies Rasyid Baswesan sudah mengantongi satu nama yang akan menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres). Nama tersebut diklaim, sudah disepakati oleh Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Iyalah (tiga partai sudah sepakat), artinya hal itu sudah dianggap bukan lagi sebagai hal yang perlu dibicarakan. Jadi tinggal menunggu waktu yang baik untuk mengumumkan," ujar Sudirman jelang meninggalkan kediaman Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Cikeas, Kabupaten Bogor, Jumat (25/8/2023) malam WIB.

Baca Juga

Menurut Sudirman, Nasdem, Demokrat, dan PKS menghormati hasil kesepakatan yang diteken dalam piagam deklarasi Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Salah satu poinnya, adalah memberikan kewenangan penuh kepada Anies untuk memilih cawapresnya.

Saat ini, kata Sudirman, tak lagi ada hambatan terkait pendamping Anies dan tinggal menunggu momentum pengumumannya. Apalagi, Anies sudah bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan SBY untuk memperkaya strategi pemenangan untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Kita tidak melihat ada tanda-tanda deadlock, karena pada akhirnya kan beliau yang memutuskan dan setelah diputuskan, dipilih, pasti semuanya menghormati," ujar Sudirman.

Anies bersama Tim Delapam Koalisi Perubahan mendatangi kediaman SBY pada Jumat malam. Salah satu agenda tersebut adalah membahas strategi pemenangan Pilpres 2024.

Ditanya, apakah pertemuannya dengan SBY membahas nama-nama kandidat cawapres, ia menjawab bahwa hal tersebut sudah tak jadi pembahasan mereka. Sekali lagi, kata Anies, pertemuan itu sudah membahas strategi pemenangan.

"Sudah tidak lagi (bahas kandidat cawapres), tadi tidak berbicara nama, tidak bicara itu semua. Sudah bicaranya lebih ke depan yaitu tentang apa langkah-langkah ke depan," ujar Anies.

Dia menjamin, waktu pengumuman nama cawapresnya pasti akan diberitahukan ke publik. Ditanya lebih lanjut, apakah nama tersebut sudah mendapatkan restu dar Nasdem, Demokrat, dan PKS, Anies pun menepuk kantong kemeja batiknya. "Nanti diumumkan," ujar Anies.

Pertemuan Anies, SBY, dan Tim Delapan Koalisi Perubahan dimulai pada pukul 19.30 hingga 22.35 WIB. Dalam pertemuan tertutup selama sekira tiga jam itu, Anies juga menerima nasihat dari Presiden ke-6 Republik Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Partai Nasdem diwakili oleh Ketua DPP Partai Nasdem Sugeng Suparwoto dan Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni. Partai Demokrat diwakili oleh Teuku Riefky Harsya dan Iftitah Sulaiman Suryanagara. Sedangkan PKS diwakili oleh Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohamad Sohibul Iman dan Ketua DPP PKS Almuzzammil Yusuf.

"Tadi Bapak SBY yang sudah memiliki pengalaman memenangkan pilpres dua kali, memimpin pemerintahan 10 tahun, memberikan kepada kita wisdom, knowledge, pengalaman yang amat kaya, yang tadi kami semua mencatat dengan amat serius," ujar Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement