Selasa 29 Aug 2023 06:43 WIB

Wilayah Laut Jawa Diguncang Gempa Bermagnitudo 7,4

Getaran gempa dirasakan di wilayah Bali, Nusa Tenggara, Jawa dan Kalimantan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Nidia Zuraya
Gempa bumi (ilustrasi). Wilayah Laut Jawa (Utara Lombok) diguncang gempa tektonik  bermagnitudo 7,4 pada Selasa (29/8/2023).
Gempa bumi (ilustrasi). Wilayah Laut Jawa (Utara Lombok) diguncang gempa tektonik bermagnitudo 7,4 pada Selasa (29/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Wilayah Laut Jawa (Utara Lombok) diguncang gempa tektonik  bermagnitudo 7,4 pada Selasa (29/8/2023). Menurut laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gempa terjadi sekitar pukul 02.55.32 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M7,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,94° LS ; 116,57° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 163 Km arah Timur Laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 525 km,"  kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangan tertulisnya, Selasa. 

Baca Juga

Daryono mengungkapkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam (Deep Focus) akibat adanya aktivitas tarikan extensional Lempeng Australia ke bawah (slab pull) pengaruh gaya gravitasi . Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gemp abumi memiliki mekanisme pergerakan kombinasi pergerakan mendatar turun (oblique normal).

"Hingga pukul 03.22 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempabumi susulan (aftershock)  dengan Magnitudo M6,1 dam M6,5," ucapnya. 

Gempa bumi dirasakan di sejumlah daerah seperti Kuta, Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Sumbawa, Karangkates. Gempa bumi juga dirasakan di Banjarmasin, Kuta Selatan, Tabanan, dan Trenggalek. 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ungkapnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِنْ طَاۤىِٕفَتٰنِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ اقْتَتَلُوْا فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَاۚ فَاِنْۢ بَغَتْ اِحْدٰىهُمَا عَلَى الْاُخْرٰى فَقَاتِلُوا الَّتِيْ تَبْغِيْ حَتّٰى تَفِيْۤءَ اِلٰٓى اَمْرِ اللّٰهِ ۖفَاِنْ فَاۤءَتْ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ وَاَقْسِطُوْا ۗاِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِيْنَ
Dan apabila ada dua golongan orang-orang mukmin berperang, maka damaikanlah antara keduanya. Jika salah satu dari keduanya berbuat zalim terhadap (golongan) yang lain, maka perangilah (golongan) yang berbuat zalim itu, sehingga golongan itu kembali kepada perintah Allah. Jika golongan itu telah kembali (kepada perintah Allah), maka damaikanlah antara keduanya dengan adil, dan berlakulah adil. Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.

(QS. Al-Hujurat ayat 9)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement