Senin 04 Sep 2023 07:08 WIB

Cara Deteksi Kamera Tersembunyi dengan Menggunakan Ponsel

Kamera tersembunyi biasanya pakai cahaya infamerah yang tak bida dideteksi mata.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Lensa kamera (ilustrasi). Ada beberapa yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kamera tersembunyi dengan menggunakan ponsel.
Foto: Republika TV/Fakhtar Khairon Lubis
Lensa kamera (ilustrasi). Ada beberapa yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kamera tersembunyi dengan menggunakan ponsel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kejahatan bisa terjadi di mana saja, tak terkecuali di hotel atau penginapan yang kita kira aman. Tak ditampik, belakangan ini ada saja oknum yang menyimpan kamera tersembunyi yang pada akhirnya bisa melanggar privasi seseorang.

Untungnya, Anda bisa menggunakan ponsel untuk menemukan kamera tersembunyi. Jika kamera ingin menangkap gerakan atau mengambil foto di ruangan yang kurang cahaya atau gelap, biasanya kamera akan menggunakan cahaya inframerah, yang tidak dapat dideteksi oleh mata manusia.

Baca Juga

Namun, meskipun Anda tidak dapat melihat cahaya inframerah yang dipancarkan oleh kamera tersembunyi, sensor pada kamera ponsel cerdas Anda seharusnya bisa. Pada beberapa ponsel, hanya kamera depan yang bisa menangkap cahaya inframerah. Sementara pada tipe ponsel lainnya, seperti Pixel 6, kamera ini bisa digunakan dengan kamera depan dan belakang.

Jika Anda ingin mencoba cara ini, pertama-tama Anda harus memeriksa bagaimana ponsel Anda menemukan sinyal inframerah dengan menggunakan TV atau remote lainnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Aktifkan kamera ponsel dan arahkan ke remote.

2. Nyalakan remote dan cari cahaya kecil, baik yang stabil maupun berkedip. Ini mungkin akan terlihat seperti warna merah muda keunguan, meskipun ada juga yang terlihat biru keunguan.

3. Jika Anda sudah mencobanya dengan kamera belakang ponsel dan tidak melihat cahaya kecil, cobalah dengan kamera depan ponsel.

4. Pastikan ruangan kamar dalam kondisi segelap mungkin, supaya ketika ada kamera, inframerah akan terpicu. Kemudian secara perlahan-lahan pindai ruangan dengan ponsel. Jika ada kamera yang aktif dengan pencahayaan inframerah, kamera ponsel seharusnya dapat menemukannya.

Jika trik tersebut tidak berhasil, cara lain yang mungkin bisa dilakukan untuk menemukan perangkat yang aktif adalah dengan memeriksa perangkat lain yang tersambung ke jaringan lokal. Dilansir The Verge, pada akhir pekan lalu, ada sejumlah aplikasi penganalisis jaringan yang bisa menemukan perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan lokal.

Salah satu yang bisa dicoba adalah aplikasi bernama Fing, yang tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi semacam ini bisa menemukan dan membuat daftar semua perangkat yang ada di jaringan Anda. Aplikasi ini juga bisa mengonfirmasi perangkat mana yang Anda kenali, sehingga bisa dengan mudah menemukan perangkat yang tidak seharusnya ada di sana.

Tentu saja, tidak satu pun dari cara-cara ini yang sangat mudah. Jika benar-benar khawatir dengan keberadaan kamera tersembunyi, Anda bisa membeli detektor frekuensi radio (RF), yang akan menangkap sinyal apa pun yang berasal dari mikrofon atau kamera tersembunyi.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِيْنَ يَدْعُوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَدٰوةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيْدُوْنَ وَجْهَهٗ وَلَا تَعْدُ عَيْنٰكَ عَنْهُمْۚ تُرِيْدُ زِيْنَةَ الْحَيٰوةِ الدُّنْيَاۚ وَلَا تُطِعْ مَنْ اَغْفَلْنَا قَلْبَهٗ عَنْ ذِكْرِنَا وَاتَّبَعَ هَوٰىهُ وَكَانَ اَمْرُهٗ فُرُطًا
Dan bersabarlah engkau (Muhammad) bersama orang yang menyeru Tuhannya pada pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia; dan janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti keinginannya dan keadaannya sudah melewati batas.

(QS. Al-Kahf ayat 28)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement