Selasa 12 Sep 2023 19:12 WIB

PAN Beri Perkiraan Waktu Prabowo Umumkan Cawapres 

Peran cawapres akan sangat menentukan dalam Pilpres 2024.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Fernan Rahadi
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa lima partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju kerap melakukan pertemuan informal untuk membahas bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Prabowo Subianto. Dari rapat-rapat tersebut, ia yakin bahwa Prabowo akan mengumumkan pendampingnya pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 sebelum 10 Oktober 2023.

"Untuk penentuan cawapres ya Insya Allah sebelum tanggal 10 Oktober sudah akan diumumkan oleh Pak Prabowo bersama dengan anggota Koalisi Indonesia Maju," ujar Viva di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga

Menurutnya, peran cawapres akan sangat menentukan dalam Pilpres 2024. Sebab menurut banyak hasil survei saat ini, perbedaan elektabilitas antara Prabowo dengan Ganjar Pranowo dan Anies Rasyid Baswedan tidak terpaut jauh.

Di sinilah peran penting cawapres dalam memberikan dampak dan kontribusi elektoral untuk Prabowo pada Pilpres 2024. Ditambah dengan Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Gelora yang mempunyai basis massa untuk membantu pemenangan Menteri Pertahanan (Menhan) itu.