Jumat 15 Sep 2023 00:17 WIB

Berdayakan Masyarakat, YDSF dan PT Pelindo Panen 50 Ton Porang di Madiun

Desa Sumberbendo yang memiliki potensi besar penghasil porang.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Kegiatan panen raya porang di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Madiun.
Foto: Dokumen
Kegiatan panen raya porang di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Madiun.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Lembaga Amil Zakat dan Wakaf Nasional Yayasan Dana Sosial al Falah (YDSF) dan PT Pelindo melakukan panen raya porang di Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Madiun, Kamis (14/9/2023). Kegiatan ini merupakan salah satu langkah pemberdayaan masyarakat.

Direktur Pelaksana YDSF, Jauhari Sani mengatakan, program kerja sama ini dimulai pada 2021 dengan melibatkan Perhutani dan Komunitas Petani Porang Tani Makmur Desa Sumberbendo. Program ini berhasil memanen sekitar 32 ribu pohon porang di lahan 2,5 hektar. "Dengan asumsi per pohon seberat dua kilogram, maka jumlah total porang yang dipanen mencapai 50 hingga 60 ton," kata Jauhari.

Menurut dia, tingginya permintaan porang membuat YDSF memilih Desa Sumberbendo yang memiliki potensi besar penghasil porang untuk dijadikan wilayah pendampingan dan pemberdayaan. Hasil panen raya porang ini dibeli dengan harga Rp 4.300 per kg.

Catatan terpenting dari program ini adalah adanya kekompakan para petani untuk meningkatkan kesejahteraan. Dia berharap program ini akan menjadi penyemangat sekaligus menjadikan kebaikan untuk semua.