Senin 18 Sep 2023 20:34 WIB

BMKG: Titik Panas di Kaltim Turun dari 20 Jadi 16

BMKG mendeteksi adanya penurunan jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur.

Red: Qommarria Rostanti
Api membakar hutan dan lahan (ilustrasi). BMKG Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya penurunan jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).
Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Api membakar hutan dan lahan (ilustrasi). BMKG Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya penurunan jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

 

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya penurunan jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Jumlahnya turun dari 20 titik pada Ahad (17/9/2023) menjadi 16 titik pada Senin (18/9/2023).

Baca Juga

"Sebanyak 16 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga 16.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman - Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Senin (18/9/2023).

Sehari sebelumnya yang terdeteksi 20 titik panas, tersebar pada empat kabupaten yakni di Paser (1), Kutai Barat (1), Kutai Timur (10), dan Kabupaten Berau (4). Titik panas merupakan indikator kebakaran hutan atau lahan (karhutla) yang terdeteksi dari suatu lokasi, dengan suhu relatif tinggi dibandingkan dengan suhu di sekitarnya.

Untuk itu ia mengajak semua lapisan masyarakat saling menjaga dan waspada, seperti saling mengingatkan agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, kemudian tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan agar tidak terjadi kebakaran. Sebaran 16 titik panas ini telah diinformasikan ke pihak terkait, termasuk kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten terkait untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Sedangkan, perincian sebaran 16 titik panas itu adalah satu titik di Paser berada di Kecamatan Batu Sopang, di Kabupaten Kutai Barat terpantau di Kecamatan Dilangputi yang keduanya memiliki tingkat kepercayaan menengah. Kemudian 10 titik di Kutai Timur, semuanya tersebar di Kecamatan Bengalon, di Kabupaten Berau yang terdeteksi 4 titik berada di Kecamatan Sambaliung (2) dan Kecamatan Pulau Derawan (2), semuanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Sedangkan, sehari sebelumnya yang terdeteksi 20 titik panas, tersebar di empat kabupaten yakni Paser 1, Kutai Timur 13, Kutai Kartanegara 1, dan Berau 5 titik panas. Semuanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement