Jumat 22 Sep 2023 18:15 WIB

Yordania-Swedia Sponsori Pertemuan Dukungan untuk Pengungsi Palestina

Saat ini UNRWA memberikan pelayanan kepada lebih dari 5 juta pengungsi Palestina.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Palestina yang robek berkibar di kamp pengungsi Palestina Bourj al-Barajneh, di Beirut, Lebanon, Jumat, 21 Oktober 2022.
Foto: AP Photo/Bilal Hussein
Bendera Palestina yang robek berkibar di kamp pengungsi Palestina Bourj al-Barajneh, di Beirut, Lebanon, Jumat, 21 Oktober 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK – Yordania dan Swedia telah menjadi tuan rumah bersama pertemuan tingkat tinggi untuk mendukung pengungsi Palestina serta Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA). Pertemuan itu digelar di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat (AS), Kamis (21/9/2023).

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah negara anggota PBB membuat komitmen kontribusi untuk membantu keuangan UNRWA. Sementara negara-negara lainnya menegaskan kembang dukungan politik untuk UNRWA. Mereka pun bertekad membantu mencari cara guna memecahkan krisis anggaran yang kini sedang dihadapi badan tersebut.

Baca Juga

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres turut berpartisipasi dalam pertemuan tersebut. Pada kesempatan itu, dia menyampaikan rasa bangga terhadap pekerjaan dan misi UNRWA. Sebab UNRWA menyelamatkan kehidupan jutaan pengungsi Palestina.

“Namun saya sangat khawatir dengan masa depannya. Kebutuhan terus meningkat tapi dana stagnan atau menurun. Mempertahankan UNRWA adalah kepentingan kita bersama dan tanggung jawab kolektif kita,” ucapnya, dikutip laman kantor berita Palestina, WAFA.