Kamis 28 Sep 2023 18:16 WIB

Presiden Azerbaijan Kunjungi Nagorno-Karabakh Setelah Berhasil Direbut dari Armenia

Azerbaijan dan Armenia sedang terlibat konflik perebutan wilayah Nagorno-Karabakh.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev telah mengunjungi kota Jabrayil di Nagorno-Karabakh yang dipersengketakan.
Foto: EPA-EFE/MIKHAIL KLIMENTYEV
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev telah mengunjungi kota Jabrayil di Nagorno-Karabakh yang dipersengketakan.

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU – Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev telah mengunjungi kota Jabrayil di Nagorno-Karabakh yang dipersengketakan. Pekan lalu Azerbaijan melancarkan operasi militer ke Nagorno-Karabakh dan berhasil memukul pasukan etnis Armenia yang mengontrol wilayah tersebut.

Kunjungan Aliyev ke Jabrayil diumumkan Kantor Kepresidenan Azerbaijan pada Kamis (28/9/2023). Namun tak diterangkan kapan kunjungan tersebut dilakukan. Awal pekan ini, Aliyev mengatakan, dia berjanji akan melindungi hak-hak warga etnis Armenia yang tinggal di Nagorno-Karabakh

Baca Juga

“Terlepas dari apa yang terjadi lima hari lalu, kami mulai mengirimkan bantuan kemanusiaan ke wilayah Karabakh di Azerbaijan. Bahan bakar, bahan makanan, obat-obatan telah dikirim,” kata Aliyev dalam pertemuannya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Nakhchivan, Senin (25/9/2023), dikutip laman Barron’s.

“Ini sekali lagi menunjukkan bahwa penduduk Karabakh, apa pun etnisnya, adalah warga negara Azerbaijan. Hak-hak mereka akan dijamin oleh negara Azerbaijan,” tambah Aliyev.