REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Retail Banking PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Putrama W Setyawan mengatakan upaya perusahaan dalam mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memerlukan kerja sama dari banyak pihak, tak terkecuali dari media massa. Putrama mengapresiasi dukungan Republika yang konsisten menyuarakan keberpihakan terhadap pengembangan dan pemberdayaan UMKM hingga mampu menembus pasar global.
"Ini kesempatan yang sangat baik dan kami menyambut sangat baik yang dilakukan Republika untuk memberikan informasi kepada masyarakat, khususnya kepada UMKM mengenai peluang untuk bisa menjadi UMKM yang Go Global," ujar Putrama saat webinar bertajuk "BNI Angkat UMKM Go Global" yang diselenggarakan Republika di Jakarta, Jumat (6/10/2023).
Putrama menyampaikan BNI selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari kementerian dan lembaga, swasta, perusahaan berbasis digital, penyedia jasa untuk layanan keuangan digital, asosiasi, KBRI, hingga KJRI, dalam meningkatkan kapabilitas UMKM yang berorientasi ekspor. Putrama berharap kolaborasi ini kian memperkuat ekosistem UMKM untuk dapat bersaing di pasar global.
Putrama menerangkan, BNI memiliki peta jalan pemberdayaan UMKM dengan tiga fase utama yakni fase inisiasi atau go produktif, fase akselerasi atau Go Digital, dan fase scale-up atau Go Global.