Senin 16 Oct 2023 15:06 WIB

Mengapa Waktu Cepat Sekali Berlalu? Ini Penjelasannya

Seiring bertambahnya usia, jumlah peristiwa yang membekas di benak itu lebih sedikit.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Seiring pertambahan usia, ketika seseorang beranjak dewasa dengan berbagai tanggung jawab yang dimiliki, terbersit perasaan bahwa waktu berjalan semakin cepat./ilustrasi
Foto: www.freepik.com
Seiring pertambahan usia, ketika seseorang beranjak dewasa dengan berbagai tanggung jawab yang dimiliki, terbersit perasaan bahwa waktu berjalan semakin cepat./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring pertambahan usia, ketika seseorang beranjak dewasa dengan berbagai tanggung jawab yang dimiliki, terbersit perasaan bahwa waktu berjalan semakin cepat. Seolah, waktu berlalu begitu saja, sangat berbeda ketika masih kecil atau remaja dahulu.

Sebenarnya, belum ada jawaban pasti terkait kondisi itu, namun para ilmuwan telah merumuskan sejumlah teori. Profesor psikologi di Universitas Michigan, Cindy Lustig, menyebutkan salah satu alasannya, yakni kehidupan yang cenderung lebih terstruktur.

Baca Juga

"Ketika kita bertambah tua, kita cenderung memiliki kegiatan berdasarkan rutinitas, dan lebih sedikit peristiwa penting yang biasa kita lakukan, membatasi era-era yang berbeda dalam masa hidup," kata Lustig, dikutip dari laman Daily Mail, Senin (16/10/2023).

Bagi anak berusia lima tahun, misalnya, satu tahun hidup mereka sama dengan 20 persen dari keseluruhan hidup hingga usianya sekarang. Waktu mereka penuh dengan pengalaman baru, saat mereka mengeksplorasi dunia dan menemukan hal-hal di sekitar mereka.

Bandingkan dengan orang berusia 50 tahun, yang artinya satu tahun dalam hidup mereka hanya dua persen dari seluruh umurnya. Lebih kecil kemungkinan mereka punya pengalaman baru. Padahal, manusia mengukur waktu berdasarkan peristiwa yang mengesankan.

Seiring bertambahnya usia...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement