Senin 23 Oct 2023 00:04 WIB

Pilih Gibran Jadi Cawapresnya, Prabowo: Ini Keputusan Aklamasi, Bulat, dan Konsensus

Prabowo menegaskan, keputusan Gibran menjadi cawapres tidak bisa diganggu gugat lagi.

Rep: Wahyu Suryana, Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Bakal calon Presiden Prabowo Subianto didampingi Ketum sejumlah partai Koalisi Indonesia Maju menyampaikan keterangan pers di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Ahad (22/10/2023). Dalam keterangannya Prabowo bersama partai Koalisi Indonesia Maju resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai pendamping Prabowo sebagai cawapres dalam Pilpres 2024 mendatang dan akan segera mendaftar ke KPU pada Rabu (25/10).
Foto:

Nama Gibran sebelumnya diusulkan oleh Golkar menjadi cawapres Prabowo lewat Rapimnas yang digelar di Jakarta pada Sabtu (21/10/2023). Dalam Rapimnas Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya menentukan cawapres dengan mengedepankan kepentingan lebih besar untuk bangsa dan negara, yakni menjaga stabilitas politik, pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan pembangunan.

Semua itu dipertimbangkan ketika pimpinan DPP Partai Golkar rapat dengan semua ketua DPD pada Jumat malam. "Semuanya konsensus mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk dipasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bakal calon wakil presiden RI," ujar Airlangga.

Adapun, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menanggapi kabar yang menyebut Gibran Rakabuming Raka akan menemuinya di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor. SBY sendiri mengkonfirmasi, dirinya saat ini tengah berada di Jawa Tengah selama tiga hari.

"Tiga hari ini saya ada di Jateng. Saya dapat info, Mas Gibran ingin temui saya dan AHY. Mungkin terkait pencalonan Mas Gibran sebagai cawapres. Silaturahmi Mas Gibran dengan saya dan AHY itu baik," tulis SBY lewat akun X-nya yang sudah terkonfirmasi, dikutip Ahad (22/10/2023).

"Namun, urusan cawapres sepenuhnya menjadi kedaulatan dan kewenangan Pak Prabowo," sambungnya.

photo
Putusan MK Berubah Setelah Adik Ipar Jokowi Ikut Rapat - (infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement