Senin 30 Oct 2023 10:20 WIB

Iran: Serangan Zionis Israel ke Gaza Sudah Kelewatan

Pengeboman Israel yang sedang berlangsung di Gaza sudah kelewat batas

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Presiden Iran, Ebrahim Raisi pada Ahad (29/10/2023) mengatakan, pengeboman Israel yang sedang berlangsung di Gaza sudah kelewat batas.
Foto: EPA-EFE/MOHAMMED SABER
Presiden Iran, Ebrahim Raisi pada Ahad (29/10/2023) mengatakan, pengeboman Israel yang sedang berlangsung di Gaza sudah kelewat batas.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Iran, Ebrahim Raisi pada Ahad (29/10/2023) mengatakan, pengeboman Israel yang sedang berlangsung di Gaza sudah kelewat batas. Iran memperingatkan, hal ini dapat memaksa semua pihak untuk bertindak.

“Kejahatan rezim Zionis telah melewati garis merah, dan ini mungkin memaksa semua orang untuk mengambil tindakan,” kata Raisi, dilaporkan Al Arabiya.

Baca Juga

Israel telah menggempur wilayah Gaza sejak kelompok perlawanan Palestina, Hamas menyerbu perbatasan pada  7 Oktober 2023. Sebanyak lebih dari 8.000 orang telah terbunuh dalam serangan Israel di Gaza, dan setengah dari mereka adalah anak-anak. Sementara Israel mengklaim 1.400 orang tewas akibat infiltrasi mengejutkan Hamas.

Raisi mengatakan, Amerika Serikat meminta kelompok perlawanan untuk menahan diri. Namun Washington justru memberikan dukungan luas kepada Israel.

“Washington meminta kami untuk tidak melakukan apa pun, namun mereka tetap memberikan dukungan luas kepada Israel,” ujar Raisi.

“AS mengirim pesan ke Poros Perlawanan tetapi menerima tanggapan yang jelas di medan perang,” kata Raisi menggunakan istilah yang sering digunakan oleh para pejabat Iran untuk merujuk pada jaringan kelompok militan regional yang didukung oleh Teheran.

Jaringan ini mencakup organisasi-organisasi seperti kelompok perlawanan Palestina Hamas, Hizbullah di Lebanon, serta berbagai milisi di Irak dan Suriah, dan milisi Houthi di Yaman. Sejauh ini telah terjadi serangkaian serangan terhadap pasukan AS di Irak dan Suriah serta meningkatnya baku tembak antara pasukan Hizbullah dan Israel di perbatasan Lebanon sejak perang di Gaza dimulai.

Iran, yang secara finansial dan militer mendukung Hamas, memuji serangan mengejutkan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023. Iran menyebut infiltrasi Hamas itu sukses besar.

Kendati mendukung Hamas, Iran menegaskan bahwa mereka tidak terlibat dalam serangan pada 7 Oktober 2023 tersebut. Dalam infiltrasi itu, Hamas menyandera sekitar 230 orang sebagai jaminan untuk ditukar dengan pembebasan tahanan Palestina di Israel.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَصْبَحَ الَّذِيْنَ تَمَنَّوْا مَكَانَهٗ بِالْاَمْسِ يَقُوْلُوْنَ وَيْكَاَنَّ اللّٰهَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُۚ لَوْلَآ اَنْ مَّنَّ اللّٰهُ عَلَيْنَا لَخَسَفَ بِنَا ۗوَيْكَاَنَّهٗ لَا يُفْلِحُ الْكٰفِرُوْنَ ࣖ
Dan orang-orang yang kemarin mengangan-angankan kedudukannya (Karun) itu berkata, “Aduhai, benarlah kiranya Allah yang melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya dan membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya). Sekiranya Allah tidak melimpahkan karunia-Nya pada kita, tentu Dia telah membenamkan kita pula. Aduhai, benarlah kiranya tidak akan beruntung orang-orang yang mengingkari (nikmat Allah).”

(QS. Al-Qasas ayat 82)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement