Senin 30 Oct 2023 18:24 WIB

Honda Pertimbangkan Pasarkan Mobil Listrik Honda e:Ny1 di Indonesia

Honda e:Ny1 berbeda dengan Honda HR-V.

Rep: Firkah Fansuri dari Tochigi, Jepang./ Red: Firkah fansuri
Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy berfoto di sebelah mobil listrik Honda e:Ny1 di kantor R&D Honda di kawasan  Shimotakenezawa, Tochigi, Jepang, Ahad (29/10/2023). Honda Indonesia masih mempelajari dan mempertimbangkan menjual mobil listrik Honda e:Ny1 di Indonesia.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy berfoto di sebelah mobil listrik Honda e:Ny1 di kantor R&D Honda di kawasan Shimotakenezawa, Tochigi, Jepang, Ahad (29/10/2023). Honda Indonesia masih mempelajari dan mempertimbangkan menjual mobil listrik Honda e:Ny1 di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO-Honda Prospect Motor (HPM) sedang mempelajari dan mempertimbangkan untuk memasarkan mobil listrik Honda e: Ny1 di Indonesia. Saat ini, mobil listrik yang sekilas mirip dengan Honda HR-V itu telah dijual di Eropa dan di China.

Di Eropa Honda e:Ny1 telah dipasarkan sejak beberapa bulan terakhir ini dengan harga sekitar Rp 800 jutaan. Sedangkan di China dipasarkan dengan nama Honda e:NS1/e:NP1 yang dibanderol sekitar Rp 500 jutaan.

Baca Juga

Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan pihaknya masih mempelajari dan mempertimbangkan untuk menjual e:NY1 di Indonesia. “Kami sedang mempelajari. Namun belum diputuskan apakah akan dijual di Indonesia atau tidak,” kata Billy  di sela test drive Honda e:Ny1 di kantor R&D Automobile Honda Motor Corp kawasan Shimotakenezawa, Tochigi, Jepang, Ahad (29/10/2023).

Billy mengatakan Honda sangat fokus untuk mengembangkan mobil elektrifikasi yang di dalamnya termasuk hybrid dan mobil listrik full batre. Meski demikian HPM mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan menjual e:Ny1 di Indonesia.

Karena itu, Billy pun belum bisa memastikan kisaran harga Honda e:Ny1 bila nantinya dijual di Tanah Air. “Saya belum bisa sampaikan harganya,” ucapnya.

Honda e:Ny1 tampilannya sekilas mirip dengan Honda HR-V, namun Honda Motor berpendapat bahwa itu adalah mobil yang sama sekali berbeda.

Berdasarkan platform e:N Architecture F front-motor-driven, crossover listrik subkompak ini memiliki paket baterai lithium-ion 68,8 kilowatt  yang bisa menempuh jarak 412 kilometer.

Honda mengatakan baterai tersebut memiliki kemampuan pengisian cepat DC dan dapat mengisi daya dari 10 hingga 80 persen hanya dalam 45 menit.

Baterai terhubung ke unit penggerak daya terintegrasi tiga-dalam-satu, motor listrik, dan kotak roda gigi yang menghasilkan 201 tenaga kuda (150 kilowatt) dan torsi 228 pound-feet (310 Newton-meter).

Honda mengatakan e:Ny1 memiliki sasis baru yang dikembangkan khusus untuk kendaraan listrik baterai yang memastikan peningkatan kekakuatan torsional. Dikombinasikan dengan platform dan powertrain baru, sasis dikatakan menghadirkan dinamika merek dagang Honda, pengendaraan yang responsif, dan tingkat kenyamanan berkendara yang premium.

 

Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy berfoto di sebelah mobil listrik Honda e:Ny1 di kantor R&D Automobile Honda kawasan Shimotakenezawa, Tochigi, Jepang, Ahad (29/10/2023). Honda Indonesia masih mempelajari dan mempertimbangkan menjual mobil listrik Honda e:Ny1 di Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement