Rabu 01 Nov 2023 18:08 WIB

Baznas Terima Zakat Perusahaan MBK Ventura Rp 5,4 Miliar 

Zakat perusahaan ditunaikan Baznas dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Rep: Rossi Handayani / Red: Gita Amanda
Logo Baznas
Foto: dok. Baznas
Logo Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menerima penyaluran zakat perusahaan dari PT Mitra Bisnis Keluarga (MBK) Ventura sebesar Rp 5.437.496.250 yang akan ditujukan untuk mengoptimalkan program-program Baznas dalam upayanya memberi kesejahteraan kepada mustahik. 

"Terima kasih, Rp 5,4 miliar besar sekali manfaatnya dari Mitra Bisnis Keluarga Ventura bagi para mustahik yang bisa dibantu untuk bantuan kemanusiaan, mengentaskan kemiskinan," kata Ketua Baznas RI KH Noor Achmad, di Jakarta pada Rabu (1/11/2023).

Baca Juga

Noor turut mengucapkan terima kasih kepada PT MBK Ventura yang telah mempercayakan zakat perusahaannya kepada Baznas. "Zakat perusahaan yang ditunaikan ini sangat bermanfaat bagi program-program Baznas dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia, khususnya dalam pengentasan kemiskinan ekstrem dan stunting," kata Kiai Noor.

Kiai Noor mengatakan, Baznas juga memiliki berbagai program pengentasan kemiskinan seperti program Rumah Sehat Baznas, Beasiswa Cendekia Baznas, Program Santripreneur, Baznas Microfinance Desa (BMD), dan program pemberdayaan lainnya. 

"Sebagai contoh, Baznas memberikan beasiswa bagi santri-santri kelas tiga Aliyah yang tergolong miskin, masing-masing diberikan bantuan Rp 6 juta untuk mengikuti kursus Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan alhamdulillah semua masuk PTN bahkan luar negeri. Ini merupakan percepatan, sehingga setelah kuliah mudah-mudahan mereka menjadi muzaki," jelasnya. 

Kiai Noor juga memastikan, dana zakat perusahaan ini akan disalurkan secara tepat sasaran dan mengedepankan prinsip Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI (3A). Sementara itu, Presiden Direktur PT MBK Ventura Shafiq Dhanani mengatakan, dibentuknya PT MBK Ventura ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia melalui pembiayaan syariah kepada kelompok perempuan yang memiliki usaha produktif dan hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan Baznas. Menurut dia, ada kesamaan visi misi antara MBK Ventura dengan Baznas. 

"Alhamdulillah, pada hari ini PT MBK Ventura Unit Usaha Syariah dapat menunaikan zakat perusahaan melalui Baznas. Mudah-mudahan dana zakat perusahaan yang kami tunaikan bisa mengurangi kemiskinan di Indonesia serta memberikan keberkahan bagi perusahaan," kata Shafiq.

Dalam acara tersebut, Baznas juga memberikan label Taat Zakat kepada PT MBK Ventura. Label ini menjadi bukti bahwa perusahaan telah taat menunaikan zakatnya, dan label Taat Zakat juga dapat digunakan dalam produk ataupun branding perusahaan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement