Senin 06 Nov 2023 07:03 WIB

Pertemuan Wapres dengan Tiga Bakal Cawapres Hari Ini Batal, Ini Alasannya

Pertemuan Wapres dengan tiga bakal cawapres diharapkan menyejukkan suasana pilpres.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus raharjo
Wakil Presiden KH Maruf Amin memulai perdana berkantor di Papua dengan bertemu berbagai tokoh dan komunitas di Papua di  kompleks Kantor Gubernur Papua Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (10/10/10).
Foto: Dok BPMI/Setwapres
Wakil Presiden KH Maruf Amin memulai perdana berkantor di Papua dengan bertemu berbagai tokoh dan komunitas di Papua di kompleks Kantor Gubernur Papua Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (10/10/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pertemuan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dengan tiga bakal calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2024 yang rencananya digelar pada Senin (6/11/2023) hari ini batal. Kepastian batalnya pertemuan yang sedianya dijadwalkan akan berlangsung di Istana Wapres, Jakarta ini diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangan, Ahad (5/11/2023).

"Sehubungan dengan rencana pertemuan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dengan tiga bakal calon wakil presiden peserta Pilpres 2024 pada Senin, 6 November 2023, bersama ini saya informasikan bahwa pertemuan tersebut ditunda," ujar Masduki.

Baca Juga

Masduki menyampaikan pertemuan dibatalkan karena Wapres Ma’ruf Amin harus menghadiri rapat internal bersama Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka dan beberapa agenda kenegaraan lainnya. Menurutnya, pertemuan masih akan diupayakan dengan penjadwalan ulang.

"Selanjutnya segera dijadwalkan waktu yang cocok untuk pertemuan tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, pertemuan bakal cawapres dengan Wapres Ma'ruf ini diagendakan sebagai tindaklanjut pertemuan Presiden Jokowi dengan bakal calon presiden (capres) pada Senin pekan lalu. Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyampaikan rencana pertemuan dirinya dengan tiga bakal calon wakil presiden, sebagai upaya menciptakan suasana damai dan kompetisi sehat dalam Pemilu 2024.

Ketiga bakal cawapres yang diundang Kiai Maruf yakni, bakal cawapres pendamping Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka; bakal cawapres dari Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar; dan bakal cawapres pasangan Ganjar Pranowo, Mahfud MD.

"Karena bagaimanapun kan di bawah itu bagaimana dari atasnya, dari kontestan ini, baik itu partai pendukung, calon presiden, calon wakil presiden, maupun juga tim pemenangan masing-masing. Nah ini kalau ini bisa tensinya bisa (ditekan) artinya kita suasananya suasana yang penuh damai, itu dingin, Insya Allah pemilu kita tidak menimbulkan masalah," ujarnya.

Kiai Ma'ruf menilai pertemuan semacam ini penting untuk menyejukkan tahapan Pilpres 2023. Wapres mengupayakan pertemuan segera berlangsung.

"Kita sedang melakukan (upaya mencocokkan) untuk kapan, hari apa yang tiga-tiganya ada di Jakarta. Itu ternyata bukan masalah gampang, yang satu di Jawa Tengah, yang satu ke Jawa Timur, satu ke Papua. Jadi bagaimana mereka bertiga ada di Jakarta ini sedang kita lagi (rencanakan)," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement