Jumat 10 Nov 2023 21:02 WIB

Kementerian PUPR Mulai Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban

Tol ini strategis tak hanya untuk logistik, tapi juga guna mengendalikan lalu lintas.

Red: Fuji Pratiwi
Petugas memeriksa mobil yang akan diekspor di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (28/12/2022).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas memeriksa mobil yang akan diekspor di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (28/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Jalan Tol Akses Patimban Paket 1-3 dalam rangka meningkatkan konektivitas dan arus logistik menuju ke pelabuhan di Jawa Barat tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimujono menyampaikan, tol ini sangat strategis, tidak hanya arus logistiknya saja, tetapi juga untuk mengendalikan lalu lintas di Jakarta ke arah baratnya. "Jadi, produk-produk di sebelah timur tidak perlu ke barat dulu untuk ekspor dan impornya, tetapi langsung ke timur sehingga memecah beban lalu lintas yang ada di Jakarta," ujar Basuki di Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Baca Juga

Basuki menambahkan Jalan Tol Akses Patimban ini ditunggu dan menentukan keberhasilan Pelabuhan Patimban untuk melayani arus logistik barang yang ada di sebelah timur Jakarta.

Kementerian PUPR memulai pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Akses Patimban Paket 1-3 yang ditandai dengan penandatanganan kontrak bersama badan usaha jalan tol (BUJT) di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat.