Jumat 10 Nov 2023 23:49 WIB

IHWG Ungkap Pentingnya Menjaga Hidrasi untuk Kesehatan

Gerakan Nasional Hidrasi Sehat 2023 merupakan hasil kerjasama IHWG FKUI dan Danone

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi minum air putih.
Foto: Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi minum air putih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Indonesian Hydration Working Group Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IHWG FKUI) menggelar Gerakan Nasional Hidrasi Sehat. Kegiatan pengabdian masyarakat itu bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga hidrasi sehat melalui air minum yang berkualitas dan pemenuhan gizi seimbang.

“Air sebagai salah satu zat gizi makro esensial mempunyai fungsi yang sangat penting dalam berbagai proses dalam tubuh manusia, di antaranya sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, sebagai pengatur suhu tubuh, sebagai pelarut, sebagai pelumas dan bantalan, sebagai media transportasi, dan sebagai eliminasi sisa metabolisme,” jelas Dekan FKUI Ari Fahrial Syam lewat siaran pers, Jumat (10/11/2023).

Sebab itu, kata dia, kecukupan konsumsi air minum dalam setiap kesempatan setiap hari perlu diperhatikan. Menurut dia, kekurangan asupan air minum akan berakibat pada terjadinya dehidrasi jangka pendek yang mengakibatkan mulut kering dan haus, lemah, pusing, mood dan konsentrasi terganggu, suhu tubuh terganggu, dan jantung berdebar. 

“Apabila dehidrasi itu berlangsung terus dalam jangka panjang berpotensi pada gangguan yang lebih serius seperti penyakit ginjal kronis, infeksi saluran kemih, penyakit jantung, obesitas, kanker, dan diabetes,” terang dia.