Ahad 12 Nov 2023 06:53 WIB

IJTI Jakarta Gelar Lomba Journalist Shoot 2023 di Lapangan Tembak Senayan

MiND.ID ikut mendukung acara Jakarta Journalist Shoot 2023 yang diikuti 80 wartawan.

Red: Erik Purnama Putra
Para jurnalis ketika mengikut lomba menembak yang diadakan IJTI DKI Jakarta di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (11/11/2023).
Foto: Republika.co.id
Para jurnalis ketika mengikut lomba menembak yang diadakan IJTI DKI Jakarta di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (11/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Jakarta Raya menggelar Jakarta Journalist Shoot 2023 yang diadakan di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (11/11/2023). Kegiatan yang didukung holding BUMN, MIND.ID tersebut selain sebagai ajang silaturahim, juga digelar sebagai dalam rangka peringatan Hari Pahlawan.

Sekitar 80 jurnalis, baik dari televisi maupun media daring ikut dalam ajang bertema 'Jurnalisme Positif' itu. Para jurnalis yang antusias mengikuti kegiatan menembak, bermain di kaliber 9 mm dan senjata metal silhouette yang sangat familiar untuk penembak Indonesia.

Ketum PB Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Letjen (Purn) Joni Supriyanto, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Kabid Komunikasi Publik Dinas Kominfotik DKI Jakarta Koharudin, Wakil Ketua IJTI Pusat Wahyu Triyogo, hingga Ketua IJTI Jakarta Raya Feby Budi Prasetyo ikut hadir di lokasi.

Dalam sambutannya, Feby mengatakan, Jakarta Journalist Shoot 2023 digelar bagi para jurnalis agar dapat rehat sejenak dari tugas peliputan. Terlebih, jurnalis saat ini disibukkan dengan rangkaian peliputan Pemilu 2024.

"Kenapa menembak? Karena jurnalis juga harus memiliki sasaran yang tepat dan akurat dalam menyajikan berita. Acara ini juga menjadi ajang menggelorakan jurnalisme positif," kata Feby.

Ketua Umum PB Perbakin Letjen (Purn) Purnawirawan Joni Supriyanto mengucapkan terima kasih kepada IJTI Jakarta Raya yang memilih Lapangan Tembak Senayan sebagai lokasi acara. "IJTI yang telah memilih Perbakin sebagai tempat untuk bersilaturahim, setelah ini Perbakin pasti akan menjadi sangat terkenal," kata Joni.

Eks Pangdam Jaya tersebut menjelaskan, atlet binaan Perbakin ikut mengharumkan nama Indonesia dengan menyumbang dua medali emas dan tiga perunggu di Asian Games 2022, Hangzhou, Cina. "Menembak adalah salah satu cabor yang meraih medali terbanyak saat Asian Games," ucap Joni.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menilai, lomba tembaj antarwartawan harus menjunjung sportivitas dan disiplin, sebagaimana pekerjaan sehari-hari yang dilakukan para jurnalis. Dia juga menyebut, sebenarnya  jurnalis selama ini juga memiliki senjata, seperti aparat maupun atlet penembak.

Jurnalis memiliki senjata yang bisa lebih cepat dan tepat mengenai sasarannya. "Dengan menggunakan kamera atau berita, sekali kena bisa sepuluh orang. Lebih cepat dan tepat kenanya," kata Trunoyudo.

Juara Journalist Shooting 2023:

Terbaik 1 Khusni Mubarak – iNews

Terbaik 2 Muhdi Wanto – MNC

Terbaik 3 Abdul Haris – Indosiar

Apresiasi 1 Gatot Budi Santosa – RTV

Apresiasi 2 Aryanav Karim Purnama – iNews

Apresiasi 3 Angga Aliya ZRF – Detik

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement