Kamis 30 Nov 2023 11:08 WIB

Bintang Emon Rasakan Efek Negatif Attention Span, Apa Penyebabnya?  

Terlalu banyak informasi kilat di media sosial membuat seseorang sulit fokus.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
ADHD (ilustrasi)
Foto: healthliving
ADHD (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tampaknya, semua orang sedang mengkhawatirkan konsentrasi mereka akhir-akhir ini. Termasuk komika Bintang Emon yang mencurahkan apa yang dirasakannya lewat Instastory, ketika dirinya merasa terlalu banyak informasi kilat di media sosial yang membuat pikiran sulit fokus.

Seorang profesor psikiatri dan ilmu perilaku di Fakultas Kedokteran Universitas Washington, Margaret Sibley, mengkhususkan diri dalam menangani remaja dan orang dewasa yang menderita gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD).

Baca Juga

“Tetapi baru-baru ini, saya dan rekan-rekan saya ‘dibanjiri’ dengan klien yang sebenarnya tidak menderita ADHD, tetapi mereka khawatir akan menderita ADHD,” kata Sibley, melansir Time.

Sulit untuk menyalahkan mereka akan kekhawatirannya tersebut, apalagi tingkat diagnosis ADHD sedang meningkat di Amerika Serikat dan unggahan TikTok maupun platform media sosial lainnya, diyakini menjadi penyebab lebih banyak orang merasa memiliki masalah pada konsentrasi mereka.