Senin 04 Dec 2023 18:31 WIB

Pembunuhan Anak Berkebutuhan Khusus Didalangi oleh Orang Tua, Korban Dibenturkan Kepalanya

Penganiayaan berlangsung pada Agustus 2023 sampai 12 Oktober 2023.

Red: Teguh Firmansyah
Garis Polisi (ilustrasi)
Foto: Antara/Jafkhairi
Garis Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya menetapkan kedua orang tua, yakni ayah dan ibu, sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan anak kandung berkebutuhan khusus warga Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Tersangka merupakan orang tua kandung korban," kata Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya AKBP Suhardi Heri Haryanto saat jumpa pers pengungkapan kasus pembunuhan anak berkebutuhan khusus di Tasikmalaya, Senin.

Baca Juga

Ia menuturkan, tersangka, yakni inisial SM (50), merupakan ibu kandung, dan BK (61) adalah ayah kandung korban, warga Desa Sukaasih, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, yang berdasarkan hasil penyelidikan polisi, keduanya mengaku telah melakukan penganiayaan hingga menyebabkan kematian terhadap anaknya AN (10).

Kapolres menyampaikan kasus tersebut berawal dari laporan masyarakat terhadap kematian seorang anak berkebutuhan khusus yang dinilai tidak wajar, kemudian polisi melakukan penyelidikan dan autopsi terhadap jasad korban.

Hasil autopsi itu, kata Kapolres, menemukan beberapa luka bekas penganiayaan juga luka tusukan di bagian perut sebelah kanan korban yang diduga tembus ke bagian usus sehingga menyebabkan korban meninggal dunia. "Kekerasan itu dilakukan oleh keduanya secara bergantian di rumahnya," kata Kapolres.

Ia mengungkapkan aksi kekerasan tersangka terhadap anaknya itu berlangsung sejak Agustus 2023 sampai 12 Oktober 2023 yang dipicu karena kesal pada korban ketika akan dimandikan dan diberi makan.

Aksi kekerasan yang dilakukan berturut-turut itu, kata dia, seperti memukul, mencubit, menarik paksa baju sampai terbentur kepalanya, bahkan pelaku juga berani memukul korban menggunakan benda keras, seperti sapu, kayu, gayung, dan sendok.

"Hasil keterangan yang kita dapati memang kedua orang tua ini memiliki temperamen yang berlebih saat mengasuh anaknya, apalagi anak itu sudah tidak diasuh mereka, ditambah korban merupakan anak berkebutuhan khusus," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement