Jumat 08 Dec 2023 10:15 WIB

Gedung Putih tak Beri Israel Tenggat Kapan Harus Akhiri Perang di Gaza

Raja Yordania kembali menyerukan gencatan senjata di Gaza saat berbicara dengan Biden

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Warga Palestina yang melarikan diri dari serangan darat Israel tiba di Rafah, Jalur Gaza, Selasa, (5/12/2023).
Foto: AP Photo/Hatem Ali
Warga Palestina yang melarikan diri dari serangan darat Israel tiba di Rafah, Jalur Gaza, Selasa, (5/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) "tidak memberikan tenggat yang tegas kepada Israel" kapan militernya harus mengakhiri perang  mengusir Hamas di Gaza. AS beralasan jika perang di Gaza berakhir sekarang, kelompok pejuang Islam Hamas tersebut akan terus menjadi ancaman.

Hal itu disampaikan Wakil Penasihat Keamanan Nasional, Jon Finer, kepada Forum Keamanan Aspen pada Kamis (7/12/2023). Finer mengatakan bahwa AS tidak menetapkan tenggat waktu bagi Israel untuk mengusir Hamas, karena DK PBB akan melakukan pemungutan suara untuk gencatan senjata.

Baca Juga

Ia berbicara ketika Dewan Keamanan PBB, dengan dukungan Uni Eropa, akan melakukan pemungutan suara untuk menyerukan gencatan senjata segera. Dan PBB telah memperingatkan bahwa sistem distribusi bantuan kemanusiaan di Gaza telah runtuh.

Presiden AS Joe Biden berbicara dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Raja Yordania Abdullah tentang perang Gaza pada Kamis malam. Raja Abdullah kembali menyerukan gencatan senjata segera.

Dalam percakapan mereka, Raja Yordania Abdullah menyerukan "gencatan senjata segera di #Gaza dan perlindungan warga sipil.' Ia menekankan pentingnya menjaga koordinasi yang erat dan mengerahkan upaya untuk mengakhiri perang dan mencapai perdamaian," kata pemimpin Istana Kerajaan Hashemite itu.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, John Kirby, mengatakan kepada para wartawan di Gedung Putih bahwa telah ada pembicaraan untuk mencapai kesepakatan baru. Di mana kesepakatan baru ini, memungkinkan adanya jeda dalam perang Gaza dan kesepakatan untuk membebaskan 138 sandera yang tersisa di daerah kantong tersebut.

Israel dan Hamas "belum mencapai kesepakatan lain mengenai jeda kemanusiaan, atau pembebasan sandera," kata Kirby. Para sandera di Gaza tidak semuanya ditahan oleh Hamas dan mereka tidak semuanya ditahan bersama-sama, jelasnya, seraya menambahkan bahwa dalam beberapa kasus, mereka juga dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain.

Israel telah mengatakan bahwa kampanye militernya yang berkelanjutan adalah cara terbaik untuk memastikan pembebasan para sandera. Namun, perhatian dunia internasional terfokus pada jumlah korban tewas yang tinggi, dengan Hamas menyatakan bahwa 16.000 warga Palestina telah terbunuh dalam kekerasan yang berhubungan dengan perang. Israel mengatakan bahwa 5.000 di antaranya adalah teroris Hamas.

Dalam sebuah konferensi pers di Jenewa, Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan, Martin Griffiths, memperingatkan bahwa sistem penyaluran bantuan kemanusiaan di Gaza telah runtuh. "Kami tidak memiliki operasi kemanusiaan di Gaza selatan yang dapat disebut dengan nama itu lagi. Bahwa laju serangan militer di Gaza selatan merupakan pengulangan dari serangan di Gaza utara. Bahwa tidak ada tempat yang aman bagi warga sipil di Gaza selatan, yang selama ini menjadi landasan rencana kemanusiaan untuk melindungi warga sipil dan dengan demikian memberikan bantuan kepada mereka. Namun tanpa tempat yang aman, rencana itu menjadi berantakan."

Netanyahu pada hari Kamis mengarahkan pandangannya ke wilayah Utara, saat ia memperingatkan Hizbullah untuk tidak memulai perang Lebanon ketiga dengan Israel, beberapa jam setelah serangan peluru kendali dari kelompok proksi Iran menewaskan seorang pria Israel berusia 60 tahun di Israel utara.

"Jika Hizbullah memilih untuk memulai perang habis-habisan, maka mereka akan mengubah Beirut dan Lebanon Selatan, tidak jauh dari sini, menjadi Gaza dan Khan Yunis. Kami bertekad untuk membawa kemenangan, dan kami akan melakukannya dengan bantuan Anda," kata Netanyahu.

Dia berbicara dalam kunjungan ke Markas Komando Utara IDF bersama dengan Menteri Pertahanan Yoav Gallant dan Kepala Staf IDF Letnan Jenderal. Herzi Halevi dan kepala sektor itu Mayjen. Ori Gordin.

Netanyahu dan Gordin kemudian mengunjungi sebuah baterai artileri di Galilea Atas, di mana mereka berbicara dengan para prajurit yang telah bertugas di perbatasan utara.

"Saya berada di sini bersama para prajurit cadangan yang menunjukkan semangat besar dalam kesiapan mereka untuk bertempur, untuk menyelesaikan tugas, untuk memulihkan keamanan, tidak hanya di selatan tetapi juga di utara. Ini adalah komitmen kami," kata Netanyahu.

"Kami bertekad untuk meraih kemenangan dan kami akan melakukannya dengan bantuan kalian," katanya kepada para tentara.

Dia mengunjungi wilayah utara ketika upaya diplomatik terus berlanjut untuk mengatasi insiden lintas batas yang penuh kekerasan untuk memastikan bahwa hal itu tidak berubah menjadi perang habis-habisan, yang akan membuat Israel berperang di dua front.

IDF telah terlibat dalam kampanye militer untuk mengusir Hamas dari Gaza, menyusul infiltrasi kelompok teror tersebut ke Israel selatan pada 7 Oktober lalu, yang menewaskan lebih dari 1.200 orang dan menyandera 250 sandera.

Israel segera mengevakuasi komunitas utara setelah 7 Oktober untuk memastikan bahwa Hizbullah tidak melakukan serangan serupa terhadap warga Israel di utara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement