Rabu 13 Dec 2023 14:40 WIB

Prof Quraish Shihab Jelaskan Perbedaan Antara Bani Israil dan Yahudi

Perbedaan antara Bani Israil dan Yahudi dijelaskan Prof Quraish Shihab.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Perbedaan antara Bani Israil dan Yahudi dijelaskan Prof Quraish Shihab. Foto:  Prof Quraish Shihab
Foto:

Alquran menggunakan kata Yahid, sebagaimana ayat di atas, untuk menunjuk kaum keturunan Yahuda, tidak lagi menunjuk kepada keturunan Nabi Ya’qub yang bersifat buruk. 

Adapun istilah ahlul kitab itu penganut kitab suci yang di dalamnya termasuk Nasrani dan orang-orang Yahudi. Mereka itu oleh Alquran dikatakan laisu sawa, tidak sama mereka itu, ada yang baik.

Dapat dipahami bahwa bila Alquran menggunakan kata Ahlul Kitab, maka itu ada yang baik. Tapi kalau menggunakan kata Yahud, itu pasti buruk. 

Lalu siapa yang dimaksud Yahudi? Prof Quraish Shihab menejalaskan yaitu penganut agama Yahudi, walaupun dia bukan keturunan Yahuda yang menganut agama Yahudi. Itu dikatakan demikian karena ada orang-orang yang menganut agama Yahudi yang sebenarnya bukan dari Bani Israil, walaupun sedikit sekali, karena agama Yahudi bukan agama dakwah. Mereka hanya mau sendiri saja sebagai orang-orang yang dicintai Allah. Hal ini terekam dalam Alquran surah Ali Imran ayat 24 berikut.

ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْا لَنْ تَمَسَّنَا النَّارُ اِلَّآ اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۖ وَّغَرَّهُمْ فِيْ دِيْنِهِمْ مَّا كَانُوْا يَفْتَرُوْنَ

Artinya, "Demikian itu disebabkan bahwa mereka berkata, “Api neraka tidak akan menyentuh kami, kecuali beberapa hitungan hari saja.” Mereka teperdaya dalam agamanya oleh apa yang selalu mereka ada-adakan."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement