Jumat 05 Jan 2024 07:50 WIB

Produksi Padi di Kalsel Kembali Surplus

Kalsel kembangkan budidaya padi apung sebagai solusi pertanian di lahan rawa.

Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi para petani memanen padi secara tradisional di sawah yang mereka garap.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Ilustrasi para petani memanen padi secara tradisional di sawah yang mereka garap.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Plh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan Imam Subarkah menyampaikan, bahwa produk padi di provinsinya kembali surplus hingga memasuki 2024.

Menurut dia, produksi padi di Kalsel saat ini terdata hingga 847 ribu ton gabah kering giling. "Jumlah ini surplus dengan kebutuhan di provinsi ini," ucapnya di Banjarbaru, Kamis (4/1/2024).

Baca Juga

Imam menyampaikan, bahwa produksi atau tanam padi di Kalsel sempat terjadi kendala pada 2022 hingga memasuki 2023 karena diserang virus atau hama tungro."Di mana padi menjadi kerdil, hingga banyak pertanian yang gagal panen, akibatnya produksi padi menurun signifikan, utamanya jenis padi lokal yang membuat harganya sempat tinggi," ucapnya.

Namun memasuki masa tanam 2023, kata Imam, penanaman padi lebih baik, tidak banyak lagi yang diserang tungro, panen padi menjadi naik signifikan hingga mencapai 847 ribu ton tersebut. "Pencapaian ini merupakan hal yang perlu kita banggakan, karena di tengah fenomena El Nino yang terjadi di Indonesia, Kalsel masih bisa surplus padi," ucapnya.

Dikatakan dia, dikonversikan hasil panen gabah kering giling tersebut menghasilkan beras sebanyak 556 ton. "Karena kebutuhan beras untuk masyarakat sekitar 400 ribu ton dengan total 4,3 juta jiwa per tahunnya. Artinya dengan jumlah yang ada, kita sudah bisa mencukupi, bahkan lebih," ujarnya.

Inovasi penanaman padi di provinsi ini juga dikembangkan dengan program budidaya padi apung, dicoba di daerah Kabupaten Barito Kuala, Hulu Sungai Utara dan Hulu Sungai Selatan. Karena Kalsel banyak memiliki lahan rawa, sehingga inovasi ini menjadi solusi jangka panjang di lahan pertanian.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ اذْكُرْ نِعْمَتِيْ عَلَيْكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ ۘاِذْ اَيَّدْتُّكَ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِى الْمَهْدِ وَكَهْلًا ۚوَاِذْ عَلَّمْتُكَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَالتَّوْرٰىةَ وَالْاِنْجِيْلَ ۚوَاِذْ تَخْلُقُ مِنَ الطِّيْنِ كَهَيْـَٔةِ الطَّيْرِ بِاِذْنِيْ فَتَنْفُخُ فِيْهَا فَتَكُوْنُ طَيْرًاۢ بِاِذْنِيْ وَتُبْرِئُ الْاَكْمَهَ وَالْاَبْرَصَ بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ تُخْرِجُ الْمَوْتٰى بِاِذْنِيْ ۚوَاِذْ كَفَفْتُ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ عَنْكَ اِذْ جِئْتَهُمْ بِالْبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْهُمْ اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ
Dan ingatlah ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 110)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement