Selasa 09 Jan 2024 20:02 WIB

Jepang Tim Paling Favorit Juara Piala Asia 2023

Suporkomputer Opta menempatkan Jepang dengan peluang juara terbesar.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Para pemain timnas Jepang (ilustrasi).
Foto: Twitter/@FIFAWorldCup
Para pemain timnas Jepang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan kembali terlibat untuk pertama kalinya di Piala Asia setelah 16 tahun. Namun, tantangan yang menunggu di depan mata tidaklah mudah. Pasalnya, tim asuhan Shin Tae-yong berada di grup yang sulit. Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. 

Prediksi terbaru dari superkomputer Opta di Piala Asia 2023 menempatkan Jepang sebagai tim yang takkan terkalahkan. Jepang kembali menjadi salah satu pesaing utama untuk meraih kemenangan di kompetisi sepak bola terbesar Asia ini bersama negara-negara besar seperti Australia, Iran, Arab Saudi, dan Korea Selatan.

Baca Juga

Superkomputer memberi Jepang peluang 24,6 persen untuk memenangi turnamen, tertinggi dibandingkan para tim unggulan lainnya. Jepang setidaknya mencapai semifinal dalam lebih dari setengah dari 10.000 simulasi superkomputer tersebut. 

Korea Selatan (14,3 persen) diperkirakan menjadi penantang terdekat Jepang. Selanjutnya Iran (11,2 persen) dan Australia juga termasuk dalam daftar tersebut, dengan Socceroos diberi peluang 10,7 persen untuk meraih kemenangan. 

Arab Saudi (10,6 persen) juga mengikuti ajang tersebut sebagai pesaing. Adapun tuan rumah Qatar memiliki peluang 9,8 persen untuk mempertahankan gelar mereka dan diharapkan setidaknya mencapai perempat final.

Menurut prediksi Opta di Piala Asia 2023 Jepang dinilai sebagai favorit untuk memenangkan turnamen berdasarkan model prediktif superkomputer tersebut. Tim Samurai Biru, yang dipimpin oleh gelandang Liverpool Wataru Endo, datang ke turnamen tersebut dengan penampilan mengesankan mereka di Piala Dunia 2022. yang membuat mereka secara mengejutkan memuncaki grup yang diisi Jerman dan Spanyol.

Jepang memiliki rekor luar biasa di Piala Asia, mencapai final dalam lima dari sembilan penampilan mereka. Empat gelar juara mereka merupakan rekor kompetisi, dengan seluruh kemenangan tersebut terjadi di era modern sejak mereka memulai rentetan kesuksesan pada tahun 1992. Berada di peringkat 17 dunia FIFA, Jepang juga merupakan negara AFC dengan peringkat tertinggi.

Prediksi Opta untuk Jepang di Piala Asia:

Juara grup – 72,9%

Ke babak 16 besar – 97,2%

Ke perempat final – 73,2%

Ke semifinal – 52,8%

Ke final – 36,7%

Juara – 24,6%

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement