Rabu 10 Jan 2024 12:00 WIB

Ratusan Ibu Rumah Tangga di Bandung Antusias Ikuti Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan

Kegiatan Risalah juga memberikan edukasi, pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin

Red: Arie Lukihardianti
Roadshow Ibu Sehat dan Sembako Keluarga Bersama Pegadaian Syariah (Risalah)
Foto: Dok Humas Pegadaian
Roadshow Ibu Sehat dan Sembako Keluarga Bersama Pegadaian Syariah (Risalah)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG ---Sebanyak 100 orang ibu hamil, ibu menyusui, ibu rumah tangga, dan wanita usia subur antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan yang digelar oleh PT Pegadaian. Yakni,  bertajuk Roadshow Ibu Sehat dan Sembako Keluarga Bersama Pegadaian Syariah (Risalah) di Aula PT Pegadaian Kanwil X Jawa Barat, Jalan Pungkur, Selasa (9/1/2024). 

Kegiatan ini, merupakan digelar sebagai bentuk kepedulian Pegadaian Unit Usaha Syariah kepada masyarakat yang diselenggarakan di 12 Kantor Wilayah di Seluruh Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Kesejahteraan Pegadaian Permata (YKPP). 

Baca Juga

“Acara ini bertujuan memberikan edukasi, pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin, obat-obatan serta sembako, dengan periode pelaksanaan 27 Desember 2023 sampai dengan 20 Januari 2024,” ujar Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil X Bandung Maryono. 

Menurutnya, risalah digelar di antaranya berupa pemeriksaan oleh dokter umum dan dokter gigi terkait dengan pemeriksaan tanda-tanda vital, tinggi dan berat badan, pemeriksa SADARI (Periksa Payudara Sendiri), pemeriksaaan fisik tinggi ibu hamil, Pemeriksaan lab gula darah, asam urat, dan kolesterol. 

“Juga pemberian obat-obat dan multivitamin, pemberian tablet zat besi untuk ibu hamil dan wanita usia subur. Termasuk edukasi dan penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil, bu menyusui, ibu rumah tangga, wanita usia subur,” katanya. 

Risalah juga, kata dia, menjadi ajang literasi dan edukasi terkait dengan produk-produk Pegadaian kepada peserta program Risalah. Kemudian pemberian sembako kepada peserta yang hadir.

Salah seorang peserta Salis Suci Rahani mengaku mengapresiasi program yang digelar ini. Karena, acara tersebut cukup bagus, tidak hanya memberi edukasi kesehatan, tetapi juga memberikan informasi tentang pembiayaan dan potensi kerja sama agen.

“Ini sangat bagus sekali, karena saya tidak hanya dapat ilmu, tetapi juga kesempatan bergabung menjadi agen Pegadaian,” katanya.

Sementara itu, Profesional Departemen Pemasaran dan Penjualan Unit Usaha Syariah Kantor Pusat PT Pegadaian Hendratmo mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kerja sama lebih erat antara masyarakat dan Pegadaian. Salah satunya menjadi agen. 

Tahun ini, Pegadaian menargetkan menambah jumlah agen menjadi 15.000 unit di seluruh Indonesia pada tahun ini. Penambahan agen tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan perseroan. 

Menurutnya, Pegadaian terus melakukan penetrasi penambahan agen untuk menyokong 102 cabang dan 672 outlet Pegadaian Syariah di seluruh Indonesia. Saat ini, jumlah agen Pegadaian syariah telah mencapai 7.000-an dengan penetrasi hingga pelosok. 

“Tahun ini targetnya 15.000 agen. Sehingga keberadaan kami bisa dirasakan masyarakat. Keuntungan bisa dirasakan semua lapisan masyarakat terutama ibu-ibu, berkontribusi bagi rumah tangganya,” katanya.

Agen Pegadaian saat ini lebih banyak melayani transaksi pembayaran. Kedepan, pihaknya akan memanfaatkan potensi agen untuk menggarap layanan lainnya seperti gadai produk. Rata rata pendapatan per agen antara Rp2 juta hingga Rp25 juta. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement