Kamis 25 Jan 2024 14:10 WIB

Margot Robbie tak Masuk Nominasi Aktris Terbaik Oscar, Ryan Gosling Kecewa

Gosling menilai tanpa Robbie dan sutradara, film Barbie tak akan menjadi sebaik ini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Salah satu adegan di film Barbie (2023). Aktor Ryan Gosling dinominasikan sebagai aktor pendukung terbaik di Piala Oscar.
Foto: Dok Warner Bros. Pictures
Salah satu adegan di film Barbie (2023). Aktor Ryan Gosling dinominasikan sebagai aktor pendukung terbaik di Piala Oscar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Ryan Gosling dinominasikan sebagai aktor pendukung terbaik di Piala Oscar tahun ini berkat perannya sebagai Ken di film Barbie. Namun, dia terkejut sebab lawan mainnya, aktris Margot Robbie yang memerankan sosok Barbie, tidak masuk nominasi aktris terbaik.

Gosling juga mempertanyakan mengapa sutradara Barbie, Greta Gerwig, tidak masuk nominasi sutradara terbaik. Padahal, tanpa Gerwig dan Robbie, Gosling berpendapat film Barbie tidak akan memiliki performa sebaik ini dan mendapat penerimaan luar biasa.

Baca Juga

"Saya merasa sangat terhormat dinominasikan oleh rekan-rekan saya bersama artis-artis luar biasa dengan begitu banyak film hebat. Namun, mereka (Gerwig dan Robbie) adalah dua orang yang paling bertanggung jawab atas film yang membuat sejarah dan dirayakan secara global ini," ungkap Gosling, dikutip dari laman BBC, Kamis (25/1/2024). 

Aktor Kanada berusia 43 tahun tersebut menggambarkan, tak akan ada pengakuan yang mungkin diperoleh siapa pun di film Barbie tanpa bakat, ketabahan, serta kejeniusan Gerwig dan Robbie. Karena itu, karya dan kontribusi keduanya sangat layak untuk dirayakan.

"Mengatakan bahwa saya kecewa karena mereka tidak masuk nominasi di kategori masing-masing adalah sebuah pernyataan yang mengecilkan. Mereka membuat kami tertawa, mereka menghancurkan hati kami, mereka mendorong budaya dan mereka membuat sejarah," tutur Gosling.

Namun, Gosling menambahkan bahwa dia sangat bahagia untuk aktris America Ferrera yang mendapat nominasi aktris pendukung terbaik. Ferrera memerankan tokoh bernama Gloria di film Barbie. Gosling menyebutnya sosok luar biasa yang menyumbangkan bakat untuk film Barbie.

Dalam pernyataan terpisah, Ferrera pun sangat kecewa karena Gerwig dan Robbie tidak masuk dalam kategori nominasi utama. Banyak penggemar di media sosial juga kecewa dengan keputusan penyelenggara Oscar, mengatakan itu adalah sebuah ironi, mengingat pesan film tersebut tentang feminisme dan patriarki.

"Ken yang dinominasikan dan bukan Barbie, sejujurnya sangat cocok untuk sebuah film tentang seorang pria yang menemukan kekuatan patriarki di dunia nyata," ucap salah satu penggemar. 

Warganet menduga alasannya berkaitan dengan....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement