Kamis 01 Feb 2024 16:21 WIB

Tak Ada Ginting dan Jojo di Daftar Skuad Indonesia Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2024

PBSI lebih percaya nama lain.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Ginting mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis tunggal putra Kanada Brian Yang dalam pertandingan semi final turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2024 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (27/1/2024). Anthony Ginting gagal melaju ke babak final setelah kalah dari Brian Yang dengan skor akhir 13-21, 21-17, 21-19.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Ginting mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis tunggal putra Kanada Brian Yang dalam pertandingan semi final turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2024 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (27/1/2024). Anthony Ginting gagal melaju ke babak final setelah kalah dari Brian Yang dengan skor akhir 13-21, 21-17, 21-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim bulu tangkis Indonesia telah memilih nama-nama pemain yang dipercaya tampil pada turnamen bulu tangkis Kejuaraan Asia Beregu 2024. Ajang ini bakal berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia pada 13-18 Februari.

Di tim putra, tak ada dua nama tunggal andalan Anthony Sinisuka Ginting serta Jonatan Christie. Indonesia berkekuatan Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, Yohanes Saut Marcellyno dan Alvi Wijaya Chairullah untuk mengisi sektor tunggal. Sedangkan, sektor ganda diwakili trio Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Baca Juga

Sementara itu, tim putri akan diisi Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi dan Stephanie Widjaja di sektor tunggal. Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari di sektor ganda.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky membeberkan alasan di balik pemilihan pemain-pemain tersebut. "Kami memang tidak menurunkan skuad terbaik di ajang ini karena pemain-pemain utama kami fokuskan untuk persiapan menuju tur Eropa bulan Maret nanti. Tapi, kami yakin tim ini juga bisa berbicara banyak mengingat sebagian besar mereka sudah pernah turun di ajang yang sama dua tahun lalu," ungkap Rionny.

"Sebut saja di tim putra Chico, Bagas/Fikri, Leo/Daniel dan Yeremia membawa tim putra melaju ke babak final dua tahun lalu, di tim putri lebih luar biasa lagi setelah sukses menjadi juara dengan Putri, Stephanie, Ana/Tiwi dan Lanny ada di dalamnya. Selain itu, Alwi, Ester, Komang serta Rachel/Trias dan Ribka pernah mengisi skuad SEA Games Indonesia. Jadi memang sebagian besar sudah pernah mewakili Indonesia di ajang beregu," kata Rionny.

Menyinggung hasil undian, di mana tim putra Indonesia berada di grup D bersama Korea, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi, serta tim putri di grup B bersama Hong Kong dan Kazakhstan, Rionny berpesan untuk selalu waspada. Apalagi, turnamen ini merupakan bagian dari kualifikasi ke babak utama Piala Thomas-Uber bulan Mei mendatang.

"Di tim putra, tentunya Korea harus diwaspadai apalagi di pertemuan terakhir di Asian Games kita kalah. Bila ingin juara grup pastinya kita harus bisa menang dari mereka. Di tim putri, peluang juara grup lebih terbuka asal kita tidak menganggap remeh lawan," kata Rionny.

"Kami pastinya akan terus berusaha memberikan hasil terbaik untuk lolos langsung ke Piala Thomas dan Uber tapi sekarang bagaimana targetnya lolos grup dulu."

 

Berikut hasil undian Kejuaraan Beregu Asia 2024:

 

Tim Putra

Grup A: China, India, Hong Kong

Grup B: Malaysia, Chinese Taipei, Kazakhstan, Brunei

Grup C: Japan, Thailand, Singapore, Myanmar

Grup D: Indonesia, Korea, Uni Emirat Arab, Arab Saudi

 

Tim Putri

Grup W: China, India

Grup X: Indonesia, Hong Kong, Kazakhstan

Grup Y: Thailand, Malaysia, Uni Emirat Arab

Grup Z: Japan, Chinese Taipei, Singapore

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement