Jumat 09 Feb 2024 11:21 WIB

Miris, UEFA Perlakukan Istimewa Israel, tak Kena Larangan Main Meski Perangi Palestina

Timnas Israel berlaga di playoff Euro 2024 dan klubnya masih bisa tampil di Eropa.

Red: Israr Itah
Sekjen UEFA Theodore Theodoridis
Foto: EPA-EFE/JEAN-CHRISTOPHE BOTT ID: 10679664
Sekjen UEFA Theodore Theodoridis

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- UEFA memberikan perlakuan istimewa kepada Israel di sepak bola Eropa. Israel yang tengah melancarkan genosida di Palestina itu masih bisa mengikuti pertandingan playoff Euro 2024 yang melibatkan tim nasional pria mereka pada bulan depan.

Israel akan menghadapi Islandia pada 21 Maret dalam pertandingan playoff kualifikasi Piala Eropa yang akan dimainkan di Budapest, Hungaria. Pemenangnya akan bertandang ke Ukraina atau Bosnia-Herzegovina dalam playoff yang menentukan lima hari kemudian.

Baca Juga

Sejak serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober, Israel kemudian membombardir Gaza yang masih berlangsung hingga sekarang. Lebih 27 ribu orang wafat hingga Jumat (9/2/2024). Meski melakukan kejahatan perang, Israel bebas dari hukuman, tidak seperti negara-negara Eropa sebelumnya.

Tim nasional Rusia dan klub-klub dari negara tersebut dilarang berlaga di sepak bola internasional, yang keputusannya diberlakukan sejak Maret 2022. Banyak federasi nasional Eropa menolak untuk memainkan pertandingan melawan mereka. Pada masa lalu, Yugoslavia terkenal tidak diikutsertakan dalam Euro 1992 ketika berada di bawah sanksi PBB selama perang di Balkan.

Contoh-contoh tersebut dikutip dalam konferensi pers pada Kamis setelah kongres tahunan 55 federasi anggota UEFA, termasuk Israel.

"Tidak ada diskusi seperti itu atau niat seperti itu dari administrasi UEFA. Ada dua situasi yang sama sekali berbeda antara kedua negara. Jangan lupakan awal perang di Rusia dan Ukraina dan awal dari apa yang terjadi sekarang - yang sangat disesalkan, tentu saja - di Timur Tengah," kata Sekjen UEFA Theodore Theodoridis berdalih, dikutip AP.

Di antara klub-klub Israel, Maccabi Haifa akan menjamu Gent dari Belgia pada Kamis depan di leg pertama babak playoff Liga Eropa, juga di Budapest. Maccabi Tel Aviv telah melaju ke babak 16 besar, yang akan dimainkan bulan depan.

Israel telah menjadi anggota badan sepak bola Eropa UEFA selama 30 tahun dan berhenti bermain di kompetisi Asia pada tahun 1970-an karena alasan keamanan.

Jika Israel lolos ke Euro 2024 musim panas ini di Jerman, tim ini akan bermain dalam satu grup dengan Rumania di Munchen, Slovakia di Dusseldorf, dan Belgia di Stuttgart.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement