Rabu 21 Feb 2024 21:57 WIB

Semarang Sediakan Daycare Khusus Lansia

Daycare kebanyakan melayani lansia yang mengalami demensia.

Red: Friska Yolandha
Pemerintah Kota Semarang menyediakan layanan daycare khusus masyarakat yang berusia lanjut (lansia).
Foto: Istimewa
Pemerintah Kota Semarang menyediakan layanan daycare khusus masyarakat yang berusia lanjut (lansia).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pemerintah Kota Semarang menyediakan layanan daycare khusus masyarakat yang berusia lanjut (lansia). Layanan ini akan memanfaatkan Rumah Gizi Pelangi Nusantara di kawasan Banyumanik dan Puskesmas Kaligawe, Semarang.

"Kami manfaatkan Rumah Pelangi di Banyumanik, disulap bagian belakangnya, setiap Senin-Jumat digunakan untuk daycare lansia. Di Puskesmas Kaligawe juga," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Dokter Abdul Hakam di Semarang, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga

Untuk kapasitas daycare lansia di Rumah Gizi Pelangi Nusantara sekitar 20 orang, sedangkan di Puskesmas Kaligawe bisa melayani 10-15 orang, dan saat ini sudah dimanfaatkan banyak lansia.

Diakuinya, konsep awalnya untuk memperhatikan para lansia itu dilakukan dengan membangun perumahan dikhususkan lansia mandiri, tetapi membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Menurut dia, daycare khusus lansia itu kebanyakan melayani lansia yang mengalami demensia, yakni suatu kondisi menurunnya cara berpikir dan daya ingat seseorang yang biasanya terjadi pada usia di atas 65 tahun.

"Kemudian, untuk latihan motorik mereka (lansia). Karena orang tua kalau tidak banyak bergerak kan (badannya) sakit semua. Makanya, di situ ada latihan motorik," katanya.

Lansia diajak berkegiatan....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement