Selasa 27 Feb 2024 16:28 WIB

Canangkan Visi-Misi Baru, Bank KB Bukopin Lakukan Transformasi Strategis 

Transformasi yang dijalankan KB Bukopin tidak hanya tentang pengembangan teknologi.

Red: Fernan Rahadi
Bank KB Bukopin
Foto: dokpri
Bank KB Bukopin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk inovasi dan pertumbuhan dengan dukungan penuh dari KB Financial Group (KBFG), Bank KB Bukopin mencapai sejumlah progres yang signifikan dalam perjalanan transformasinya. 

Transformasi merupakan fondasi bagi Perseroan untuk lebih meningkatkan kualitas layanan dan menjangkau lebih luas lagi masyarakat Indonesia. Pada tahun 2023, Perseroan melaksanakan right issue, di mana pemegang saham pengendali, KBFG melalui KB Kookmin Bank, turut melaksanakan haknya dengan menyuntikkan modal sebesar Rp 8 triliun dari total Rp 12 triliun yang berhasil dikumpulkan untuk memperkuat permodalan Perseroan. 

Dengan struktur permodalan yang lebih stabil, Perseroan terus mendorong pertumbuhan dengan melakukan ekspansi bisnis dan investasi pada teknologi informasi. SHINE Project yang merupakan inisiatif pengembangan teknologi untuk sistem core banking yang lebih efisien dengan mengadopsi teknologi mutakhir Next Generation Banking System (NGBS) dari KBFG. Milestone pertama dari SHINE Project ini adalah aplikasi digital banking 'KBstar' yang telah diluncurkan September 2023 lalu

Transformasi yang dijalankan Perseroan tidak hanya tentang pengembangan teknologi, namun juga meliputi peningkatan budaya kerja dan pengembangan SDM yang berfokus pada keunggulan layanan, sejalan dengan visi dan misi Perseroan untuk menjadi salah satu institusi perbankan terbesar di Indonesia, melalui penawaran produk dan layanan keuangan yang inovatif, dan memberikan solusi untuk kebutuhan layanan perbankan bagi nasabah. Dengan dukungan dari KBFG, perjalanan transformasi Perseroan sejak tahun 2021 telah membuka peluang baru dalam kerja sama dan sinergi bisnis, terutama dengan entitas bisnis Korea Selatan di Indonesia melalui inisiatif Korean Link Business. 

Dalam perjalanan transformasi ini, Perseroan telah melihat peningkatan signifikan dalam kualitas aset dan ekspansi kredit. Tahun ini menandai fase penting dimana Perseroan menargetkan pencapaian kinerja profitabilitas yang positif, didukung oleh rebranding dan penguatan fundamental bisnis.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin, Robby Mondong, menegaskan pihaknya berkomitmen untuk tidak hanya tumbuh sebagai institusi, tetapi juga untuk memperkuat ekonomi Indonesia melalui layanan keuangan yang inovatif dan terpercaya.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan nasabah dan pemegang saham selama ini, dan berharap langkah-langkah transformasi ini tidak hanya memperkuat posisi Bank KB Bukopin di pasar keuangan Indonesia tetapi juga menunjukkan komitmen kami untuk menjadi bank yang lebih responsif, inovatif, dan dicintai oleh masyarakat," kata Robby.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement