Rabu 28 Feb 2024 19:28 WIB

7 Fakta Seputar Kurma yang Disebutkan 20 Kali dalam Alquran

Kurma mempunyai sejumlah khasiat kesehatan

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Kurma (ilustrasi). Kurma mempunyai sejumlah khasiat kesehatan
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kurma (ilustrasi). Kurma mempunyai sejumlah khasiat kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Salah satu buah yang disebutkan dalam Alquran adalahh kurma. Penyebutan kurma dalam Alquran menggunakan bentuk yang beragam dan tersebar di banyak Surat.

Total ada 20 kali penyebutan kurma dalam Alquran, dan ditambah satu penyebutan yang sifatnya tidak langsung. Di antaranya, dalam Surat Al Baqarah ayat 266, difirmankan sebagai berikut:

Baca Juga

اَيَوَدُّ اَحَدُكُمْ اَنْ تَكُوْنَ لَهٗ جَنَّةٌ مِّنْ نَّخِيْلٍ وَّاَعْنَابٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ لَهٗ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِۙ وَاَصَابَهُ الْكِبَرُ وَلَهٗ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَاۤءُۚ فَاَصَابَهَآ اِعْصَارٌ فِيْهِ نَارٌ فَاحْتَرَقَتْ ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُوْنَ ࣖ

"Adakah salah seorang di antara kamu yang ingin memiliki kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, di sana dia memiliki segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tuanya sedang dia memiliki keturunan yang masih kecil-kecil. Lalu kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, sehingga terbakar. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkannya." (QS Al Baqarah ayat 266)