Jumat 08 Mar 2024 13:13 WIB

Bikin S.Coups 'Seventeen' Terbebas dari Wajib Militer, Cedera ACL Pasti Berujung Operasi?

Cedera ACL merupakan yang paling ditakuti atlet.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
SCoups Seventeen telah menjalani operasi ACL lutut kirinya. Sudah sembuh, SCoups kini bersiap untuk kembali ke panggung.
Foto: Wikimedia
SCoups Seventeen telah menjalani operasi ACL lutut kirinya. Sudah sembuh, SCoups kini bersiap untuk kembali ke panggung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Member "Seventen", S.Coups, telah dibebaskan dari wajib militer setelah dia mengalami cedera lutut Anterior Cruciate Ligament (ACL) pada Agustus 2023 lalu. ACL merupakan jaringan penghubung tulang paha dengan tulang kering yang berada di lutut.

S.Coups telah menjalani operasi dan sedang dalam masa pemulihan. Dia mengalami cedera akibat terjatuh saat proses syuting.

Baca Juga

Menurut dokter spesialis ortopedi konsultan cedera olahraga, Yohannes Toban Layuk Allo, cedera ACL termasuk yang paling ditakuti banyak orang, termasuk atlet. Sering kali, pasien cedera ACL mengeluh ada bunyi "pop" saat mengalami cedera.

"ACL paling ditakuti atlet yang suka akselerasi lari kencang tiba-tiba berhenti, lari kencang lurus tiba-tiba mutar, (jaringan) putus, bunyi 'pop', sangat sulit sembuh kalau tidak dioperasi," kata dr Yohannes di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Penyembuhan cedera ACL bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Kalaupun sembuh sendiri, menurut dr Yohannes, stabilitas sendi tidak akan sama seperti sebelumnya.

Cedera yang dibiarkan terlalu lama juga bisa berdampak ke kaki sebelahnya. Itu sebabnya ada penderita yang sampai pincang dan ototnya mengecil serta fungsi geraknya terganggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement