Kamis 21 Mar 2024 21:14 WIB

Pemkot Medan Gelar MTQ ke-57 pada 11-18 Mei 2024

MTQ ke-57 tingkat Kota Medan akan digelar di Jalan Flamboyan Raya.

Red: Ani Nursalikah
MTQ (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
MTQ (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Pemerintah Kota Medan, Sumatra Utara akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-57 tingkat Kota Medan di Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan pada 11 sampai 18 Mei 2024.

Asisten Pemerintah dan Sosial Setda Kota Medan Muhammad Sofyan mengatakan penyelenggaraan MTQ tersebut akan dilangsungkan di Jalan Flamboyan Raya, Kelurahan Tanjung Selamat.

Baca Juga

"Kami sudah melakukan survei lokasi dan pak Wali Kota Medan juga telah menentukannya, maka MTQ ke-57 tingkat Kota Medan akan digelar di Jalan Flamboyan Raya," katanya, Kamis (21/3/2024).

Ia menjelaskan lokasi pelaksanaan MTQ ke-57 tersebut berada di pinggir jalan besar, seperti MTQ ke-56 tingkat Kota Medan di Kecamatan Medan Selayang. Dia menambahkan lahan yang digunakan untuk pelaksanaan MTQ ini merupakan lahan kosong sehingga hanya perlu dilakukan pembersihan agar lebih tertata dan rapi.

"Luas lahan digunakan MTQ Kota Medan sekitar dua hektare. Selain arena utama, nantinya akan digunakan sebagai tambahan stan perangkat daerah, pelaku usaha dan parkir kendaraan," ujar Sofyan.

Supaya pelaksanaan MTQ tingkat Kota Medan berlangsung lancar, tentunya harus dimulai dari berbagai persiapan, seperti rapat koordinasi yang dilakukan ini. Melalui pertemuan tersebut, pihaknya juga bisa saling diskusi penyempurnaan, membahas uraian tugas dan bagaimana kesiapan tuan rumah Kecamatan Medan Tuntungan.

"Sebab, lewat pertemuan ini nantinya akan ada saran dan masukan serta pendapat kita semua guna finalisasi uraian tugas agar pelaksanaan MTQ Kota Medan berjalan lancar dan sukses," kata Sofyan.

Tercatat sebanyak 685 peserta baik qari maupun qariah bertanding di MTQ ke-56 tingkat Kota Medan 2023 di Stadion Mini Universitas Sumatera Utara (USU) pada 25 Februari sampai 4 Maret 2023. Kecamatan Medan Belawan kembali keluar sebagai Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran ke-56 tingkat Kota Medan 2023 di Stadion USU, Kota Medan.

Sebelumnya, Kecamatan Medan Belawan juga menjadi Juara Umum MTQ ke-55 tingkat Kota Medan 2022 setelah mengumpulkan nilai 117 poin di Gedung OB Sya'af Lantamal I Belawan, Medan pada 18 sampai 25 Februari 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement