Senin 25 Mar 2024 19:04 WIB

AHY Sebut Hancur Lebur Jika Bertahan di Kubu Anies, Ini Klarifikasi Partai Demokrat

Demokrat menilai pernyataan AHY mesti dicermati secara komprehensif.

Rep: Eva Rianti/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri ATR/BPN  yang juga Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono
Foto: Republiika/Eva Rianti
Menteri ATR/BPN yang juga Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron mengklarifikasi tentang pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menyebut partainya bakal hancur lebur jika bertahan di Koalisi Perubahan yang mengusung Anies sebagai capres dalam Pilpres 2024. Ia menyebut pernyataan itu mestinya dicermati secara komprehensif. 

"Kita harus melihatnya dalam konteks pernyataan yang utuh ya. Jadi kalau dipenggal-penggal ya tentu nanti pemahamannya akan tidak komprehensif apa yang disampaikan ketua umum kami Mas AHY," kata Herman kepada wartawan di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Baca Juga

Herman menjelaskan, konteks pernyataan AHY adalah mengenai langkah kontribusi kepada rakyat. Langkah itu dinilai akan maksimal jika berada di pemerintahan. 

 

"Pertama, tentu yang dimaksud adalah bagaimanapun partai itu ekspektasinya bisa berkontribusi kepada masyarakat. Oleh karena itu, dengan bergabung dengan Pak Prabowo tentu sekarang ada di pemerintahan. Artinya kita bisa melakukan banyak hal yang tentu ini berkontribusi kepada rakyat," tuturnya.

 

Lalu, tak hanya di pemerintahan, Herman juga menyinggung kontribusi di DPR RI yang bakal lebih totalitas pula nantinya. Sehingga Partai Demokrat dianggap bisa benar-benar berkontribusi di pemerintahan maupun parlemen.

 

"Yang kedua ya kita juga masih bisa berkontribusi di parlemen karena kita juga bisa masuk dalam parliamentary threshold (PT). Nah, yang ketiga ya apabila kita di luar pemerintahan tentu kontribusi kita kepada rakyat tidak akan maksimal," ujarnya.

 

Dengan pandangan-pandangan itu, Herman menekankan bahwa 'hancur lebur' jika bertahan di Koalisi Perubahan yang dimaksud oleh AHY adalah suatu kondisi saat Partai Demokrat tidak bisa bekerja lebih banyak dibanding saat bergabung dengan Prabowo.

 

AHY mengaku beruntung pindah dukungan ...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement