Kamis 28 Mar 2024 12:49 WIB

Bos Freeport Temui Jokowi, Apa yang Dibahas?

Turut disinggung mengenai Richard yang akan segera pensiun.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Chairman & CEO Freeport McMoran Inc Richard C. Adkerson bersama CFO Freeport-McMoran Kathleen L. Quirk dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas usai menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/3/2024).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Chairman & CEO Freeport McMoran Inc Richard C. Adkerson bersama CFO Freeport-McMoran Kathleen L. Quirk dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas usai menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chairman dan CEO Freeport McMoran Inc Richard C Adkerson bersama CFO Freeport-McMoran Kathleen L Quirk dan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Menurut Tony Wenas, dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, para petinggi Freeport tersebut menyampaikan perkembangan dan situasi terkini pertambangan dan juga progres pembangunan smelter di Gresik yang telah mencapai 92 persen.

Baca Juga

"Jadi kami tadi bersama Richard Adkerson dan Kathleen L Quirk bertemu Pak Presiden untuk menyampaikan perkembangan terkini dari situasi pertambangan di upstream dan juga terutama progres smelter yang mencapai lebih dari 92 persen dengan harapan bisa selesai Mei dan segera beroperasi pada bulan Juni tahun ini dan nanti akan berproduksi penuh di tahun 2024 ini," jelas Tony di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Tony juga tidak membantah bahwa dalam pertemuan ini juga membahas soal perpanjangan kontrak tambang PT Freeport Indonesia. Kendati demikian, ia mengaku tak membahas secara detail dengan Presiden.

"Disinggung sedikit, tapi tidak bahas detail. Kan waktunya tidak panjang, itu sudah dibahas sebelumnya," ujar dia.

Sebelumnya, para bos Freeport menemui Menteri Keuangan Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (27/3/2024). Melalui akun Instagram-nya @smindrawati, Sri Mulyani mengungkap pertemuan tersebut.

"Sore ini saya menerima kunjungan dari salah satu penggerak industri ekstraktif @freeportindonesia," dikutip dari Instagram Sri Mulyani, Rabu (27/3/2024).

Beberapa petinggi Freeport yang hadir di antaranya yakni Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas, Chairman & CEO Freeport-McMoran Richard Adkerson, CFO Freeport-McMoran Kathleen L. Quirk, dan CFO Freeport Indonesia Rob Schroeder.

Dalam pertemuan itu, dibahas mengenai banyak hal, seperti lanskap perekonomian global yang begitu volatil, konferensi energi terbesar Amerika Serikat yang digelar di Houston, hingga kondisi pasar tembaga di dunia saat ini.

Selain itu, juga disinggung mengenai Richard yang akan segera pensiun sebagai CEO Freeport Mc-Moran. Richard nantinya akan digantikan oleh Kathleen.

"Richard akan digantikan oleh Kathleen yang kini menjabat sebagai CFO Freeport-McMoran," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement