Jumat 29 Mar 2024 08:57 WIB

Dishub Lakukan Ramp Check Bus di Terminal Kota Bandung Jelang Mudik

Para pengemudi pun akan diperiksa oleh BNN

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Petugas melakukan ramp check kendaraan (Ilustrasi)
Foto: Dok. Polres Ciamis
Petugas melakukan ramp check kendaraan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung bakal melakukan kegiatan ramp check atau pemeriksaan bus di dua terminal yaitu Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwipanjang menjelang arus mudik Lebaran 1445 Hijriah. Ramp check dilakukan, untuk memastikan kendaraan bus laik jalan dan layak beroperasi.

Menurut Plt Kepala Dishub Kota Bandung Asep Kuswara, ramp check di terminal Cicaheum dan terminal Leuwipanjang bakal digelar tanggal 3 April hingga 8 April. Sedangkan ramp check bus pariwisata di pool sudah dilakukan sejak 27 Maret hingga 2 April mendatang.

Baca Juga

"Ramp check di terminal tanggal 3 April sampai 8 April di dua terminal agar laik jalan dan laik operasi," ujar Asep, Jumat (29/3/2024).

Ia mengatakan para pengemudi pun akan diperiksa oleh Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Bandung. Sedangkan ramp check bus pariwisata sudah dilakukan sejak 27 Maret hingga 2 April memastikan kendaraan laik jalan dan laik operasi. "Ramp check dilakukan agar kendaraan memberikan pelayanan terbaik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,"  katanya.

Menurut Asep, ramp check dilakukan seperti mengecek tekanan angin ban, mengecek uji setir dan lainnya seperti kelengkapan surat-surat. Selain itu, klakson telolet dilarang untuk digunakan oleh bus.

Ia menyebut sebanyak 40 kendaraan di pool bus pariwisata telah dicek dan dipasang stiker tanda laik jalan dan laik operasi. Asep menambahkan, 700 personel Dishub bakal melakukan pengamanan untuk arus mudik. "Kami menyiapkan anggota 500 orang untuk pengaturan lalu lintas di jalur atas seperti Dago dan Lembang," kata dia.

Ia memperkirakan jumlah pemudik di tahun 2024 akan lebih banyak dibandingkan tahun 2023.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement