Selasa 16 Apr 2024 23:53 WIB

Turis Australia Kena DBD di Bali, Kemenkes Ingatkan Wisatawan Tetap Waspada

Turis Australia yang berkunjung ke Bali selama 10 hari terdiagnosis DBD.

Red: Reiny Dwinanda
Pasien DBD (Ilustrasi). Seorang turis asal Australia kena DBD setelah 10 hari berlibur di Bali.
Foto:

Perempuan asal Queensland itu membagikan kisah perjalanannya selama 10 hari di Bali melalui akun Facebook. Ia menulis bahwa tidak melihat satupun nyamuk atau digigit oleh nyamuk, tetapi masih dinyatakan positif terkena DBD.

Ia bersyukur memperoleh perawatan di rumah sakit dengan biaya asuransi. Sejumlah tanggapan di akun tersebut menyebut banyak pelancong membanjiri media sosial dengan cerita mereka sendiri tentang pengalamannya kena DBD.

Mereka menggambarkan rasa sakit yang hebat, muntah-muntah yang tak terkendali, dan suhu di atas 39 derajat Celsius ketika terkena DBD. Sejumlah wisatawan lain di akun tersebut juga menyebut kasus yang dilaporkan di wilayah Kabupaten Bangli, Bali, naik sekitar 65 persen dibandingkan tahun lalu.

Umroh plus wisata ke mana nih, yang masuk travel list Sobat Republika di Tahun 2024?

  • Turki
  • Al-Aqsa
  • Dubai
  • Mesir
  • Maroko
  • Andalusia
  • Yordania
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

(QS. At-Tahrim ayat 8)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement