Rabu 01 May 2024 05:05 WIB

8 Tanda Akhir Zaman yang Disebut Nabi SAW, Sebagian Sudah Terjadi

Hadits ini menjadi peringatan bagi setiap Muslim untuk terus meningkatkan amal.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Infografis 5 Pertanyaan yang akan Ditanyakan pada Hari Kiamat. Ilustrasi Allah
Foto:

6. Memberi Salam Hanya ke Orang Dikenal

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud, Nabi Muhammad SAW bersabda:

بينَ يدَي السَّاعةِ : تسليمُ الخاصَّةِ ، و فُشُوُّ التَّجارةِ حتَّى تُعينَ المرأةُ زوجَهَا علَى التَّجارةِ ، و قَطعُ الأرحامِ ، و فُشُوُّ القلَمِ ، و ظُهورُ الشَّهادةِ بالزُّورِ ، و كِتْمانُ شَهادةِ الحقِّ

"Menjelang hari kiamat, orang hanya memberi salam kepada orang-orang tertentu, meluasnya perdagangan sehingga wanita membantu suaminya dalam berdagang, terputusnya hubungan kekeluargaan, meluasnya pena, kesaksian palsu, dan penyembunyian kesaksian yang benar." (HR. Bukhari, dalam Al Adab Al Mufrad)

7. Banyak Dusta yang Dipercaya

Dalam riwayat Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

"سيأتي على الناس سنوات خداعة، يصدَّق فيها الكاذب، ويكذَّب فيها الصادق، ويؤتَمن فيها الخائن، ويخوَّن فيها الأمين، وينطق فيها الرُّويبضة، قيل: وما الرويبضة؟ قال: الرجل التافه يتكلم في أمر العامة"

"Akan datang tahun-tahun yang penuh kedustaan yang menimpa manusia, pendusta dipercaya, orang yang jujur didustakan, amanat diberikan kepada pengkhianat, orang yang jujur dikhianati, dan Ruwaibidhah turut bicara." Lalu beliau ditanya, "Apa itu al-ruwaibidhah?" Beliau SAW menjawab, "Orang-orang bodoh yang mengurusi urusan perkara umum." (HR. Ahmad, Al Bazar, dan Abu Ya'la)

8. Ajaran Islam tak Dikenal

Diriwayatkan dari Hudzaifah bin Yaman, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

يدرُس الإسلام كما يدرُس وشيُ الثوب، حتى لا يُدرى ما صيام ولا صلاة ولا صدقة، ويُسرى على كتاب الله في ليلة، فلا يبقى في الأرض منه آية، وتبقى طائفة من الناس الشيخ والكبير والعجوز يقولون: أدركنا آباءنا على هذه الكلمة: لا إله إلا الله، فنحن نقولها

"(Ajaran) Islam akan terkikis sebagaimana hiasan baju yang terkikis sehingga tidak diketahui apa itu puasa, apa itu shalat, apa itu ibadah dan apa itu sedekah, dan akan ditanggalkan Kitabullah di malam hari, sehingga tidak tersisa di muka bumi satu ayat pun. Yang tersisa adalah beberapa kelompok manusia yang telah lanjut usia dan lemah. Mereka berkata, 'Dulu kami mendapati bapak-bapak pernah mengucapkan 'Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah' (kalimat syahadat), maka kami pun mengucapkannya." (HR. Ibnu Majah)

Sumber: Alukah

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement