Sabtu 04 May 2024 19:51 WIB

Apakah Pengisian Cepat DC Buruk Bagi Baterai Mobil Listrik?

Pengisian cepat DC menggunakan beberapa konfigurasi konektor.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Seseorang memegang colokan ke soket mobil di terminal pengisian daya untuk kendaraan bertenaga listrik. (ilustrasi)
Foto:

Setelah baterai EV mencapai tingkat kapasitas tertentu, biasanya 80 persen, pengisian daya pada dasarnya melambat hingga menjadi pengoperasian Level 2. Ini dikenal sebagai kurva pengisian cepat DC. 

Pengujian baru menunjukkan pengisian cepat memiliki dampak yang lebih kecil 

Dalam studi yang menganalisis data pengisian daya dari lebih dari 12.500 kendaraan Tesla di Amerika Serikat (AS), tingkat penurunan jangkauan untuk mobil yang sering mengisi daya dengan cepat secara statistik serupa jika dibandingkan dengan pengisian daya AC. Perusahaan, yang menyediakan laporan analisis kendaraan dan baterai untuk kendaraan listrik, membandingkan mobil-mobil yang mengisi daya cepat setidaknya 90 persen dengan mobil yang mengisi daya cepat kurang dari 10 persen. 

Hasilnya menunjukkan sedikit atau tidak ada perbedaan antara kedua metode pengisian daya. Artinya, mobil listrik baru lebih kecil kemungkinannya mengalami degradasi baterai yang signifikan ketika sering diisi dayanya dengan cepat dibandingkan mobil-mobil listrik awal seperti Nissan Leaf.

Kesimpulan keseluruhannya adalah meskipun pengisian daya DC mungkin berdampak pada masa pakai baterai mobil listrik, namun dampaknya seharusnya minimal, terutama karena pengisian daya DC biasanya bukan sumber pengisian utama. Atau, sederhananya, isi daya EV Anda dengan cepat sesuai kebutuhan. Anda tidak perlu khawatir tentang perbedaan signifikan dalam masa pakai baterai. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement