Jumat 17 May 2024 18:43 WIB

Ngabalin Bantah PDIP Soal Pernyataan 'Jokowi Sangat Sibuk dan Menyibukkan Diri'

Menurut Ngabalin, Presiden Jokowi memang memiliki jadwal 'seabrek'.

Red: Andri Saubani
Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin.
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membantah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyibukkan diri sehingga menjadi alasan tidak diundang dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan. Ngabalin mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo memang memiliki jadwal 'seabrek', termasuk kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

"Kalau tahu ada yang cegat saya, saya bisa ambil jadwal Presiden biar bisa dilihat itu seabrek-abrek tuh jadwal, termasuk tadi juga dari Sulawesi Selatan, Pontianak, dan Aceh," kata Ngabalin saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (17/5/2024).

Baca Juga

Ngabalin mengatakan, bahwa PDI Perjuangan memiliki kewenangan dan keputusan internal untuk tidak mengundang Presiden Jokowi dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V di Jakarta pada tanggal 24—26 Mei 2024. Meski demikian, dia membantah ada pernyataan Presiden Jokowi yang menyibukkan diri.

Ngabalin meminta agar pihak lain tidak menyebarkan berita bohong. Apalagi saat situasi politik sudah tenang usai Pilpres 2024 dan keputusan KPU terkait dengan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih.

"Ya, namanya juga Presiden, jadwalnya begitu padat. Kalau ada yang menyinggung Presiden menyibukkan diri, namanya Presiden seabrek-abrek jadwalnya," kata Ngabalin.

Adapun PDI Perjuangan tengah menyiapkan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional V pada bulan Mei 2024. Rakernas V PDI Perjuangan disebut menjadi momentum yang sangat penting untuk melakukan evaluasi.

Hal ini juga termasuk merumuskan sikap politik sesuai dengan dinamika politik nasional dan menjawab berbagai isu-isu strategis terkait dengan persoalan rakyat dan negara. Tidak hanya itu, di dalam rakernas juga dibahas berbagai isu penting rakyat, bangsa, dan negara.

PDIP akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) V di Beach City International Ancol pada 24 sampai 26 Mei mendatang. Tema utama forum tersebut mengusung Satyam Eva Jayate yang artinya kebenaran pasti menang.

Ketua DPP PDIP yang juga Ketua Steering Committee Rakernas V, Djarot Saiful Hidayat mengatakan bahwa forum tersebut digelar untuk internal partai. Sehingga mereka tak mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara tersebut.

"Kejutan-kejutan apa saja yang nanti akan muncul di Rakernas, tunggu saja. Termasuk juga yang akan diundang. Yang jelas Presiden dan Wakil Presiden tidak diundang," ujar Djarot di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

"Kenapa? Karena beliau sangat sibuk dan menyibukkan diri. Jadi ini hanya internal PDI Perjuangan pesertanya internal PDI Perjuangan," sambungnya.

photo
Anomali Teori Efek Ekor Jas PDIP di Bali - (Infografis Republika)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement